Hitung Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Gear 125

Kompas.com - 22/12/2020, 10:02 WIB
Yamaha Gear 125 Kompas.com/DonnyYamaha Gear 125

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Gear 125 memiliki performa yang cukup baik untuk digunakan harian melibas jalanan di perkotaan. Tak hanya performanya yang cukup andal, konsumsi bahan bakarnya juga tergolong tidak boros.

Gear 125 memiliki mesin berkapasitas 125 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 9,3 tk (7,0 kW) pada 8.000 rpm dan torsi mencapai 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

Baca juga: Selisik Fitur Menarik Yamaha Gear 125

Dengan teknologi Bluecore, Yamaha mengklaim mesinnya tak hanya bertenaga, tapi juga irit konsumsi bahan bakarnya. Meski demikian, tangki bahan bakar Gear 125 cukup besar, mampu menampung hingga 4,2 liter.

Yamaha Gear 125Kompas.com/Donny Yamaha Gear 125

Untuk menguji konsumsi bahan bakar Gear 125, test rider Kompas.com menggunakan metode full-to-full. Angka di odometer saat kondisi tangkinya penuh menunjukkan 138 km.

Setelah digunakan untuk berkendara, angkanya bertambah menjadi 269 km. Saat tangki bahan bakarnya diisi penuh, bensin yang dibutuhkan untuk membuat tangkinya penuh mencapai 2,8 liter.

Baca juga: Mencoba Kenyamanan Posisi Berkendara Yamaha Gear 125

Berarti, jarak tempuh selama pengetesan mencapai 131 km. Jika dibagi dengan bensin yang sudah dihabiskan, yaitu 2,8 liter, maka konsumsi bahan bakarnya adalah 46,7 kilometer per liter.

Tapi dengan catatan, metode berkendara yang digunakan bukanlah eco riding. Test rider Kompas.com mengendarai motor ini dengan sewajarnya dan dalam kondisi lalu lintas perkotaan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X