Kesempatan Kedua Datsun Lewat Nissan Magnite

Kompas.com - 22/12/2020, 07:42 WIB
Model konsep Datsun GO-Cross Ghulam Muhammad Nayazri/OtomaniaModel konsep Datsun GO-Cross

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki akhir 2020, Nissan Indonesia meluncurkan SUV kompak terbaru bernama Magnite. Mobil ini hadir sebagai model pertama Nissan di bawah rencana transformasi Nissan NEXT.

Menurut laman Gaadiwaadi, SUV ini tadinya merupakan mobil yang disiapkan untuk Datsun. Namun kini akhirnya diputuskan meluncur dengan merek Nissan.

Sejak diisukan bakal meluncur pada awal 2020, kabar santer soal Magnite mulai terdengar. Saat itu sudah disebutkan bahwa mobil ini akan mengusung platform buatan Renault-Nissan.

Baca juga: Liburan Pakai Mobil Pribadi Wajib Sertakan Hasil Rapid Test Antigen?

Nissan Magnite resmi dikenalkan secara global.Nissan Global Nissan Magnite resmi dikenalkan secara global.

SUV ini akhirnya dirancang di atas platform CMF-A+ yang menghasilkan Renault Triber, dengan mengusung mesin 1.000 cc turbo bertenaga 100 ps atau setara 98 tk dan torsi 160 Nm.

Triber pun telah dijual di Indonesia dengan banderol yang bersaing dengan mobil LCGC, mulai Rp 133 jutaan sampai Rp 184 jutaan.

Sebelumnya kehadiran SUV baru Datsun mulai digaungkan sejak pertengahan 2018. Saat itu Global Head of Datsun Jose Roman, mengatakan, bahwa pihaknya berencana menyiapkan model terbaru untuk Indonesia.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Perjalanan Semua Moda Transportasi di Musim Libur

Tampilang belakang Nissan MagniteNissan Global Tampilang belakang Nissan Magnite

Menurut Roman, model ini dapat dipastikan berbeda dengan Datsun Go, Go+, ataupun Cross. Ia menyebutkan bahwa mobil ini sudah mulai melakukan studi.

“Kami sedang mempersiapkan generasi kedua untuk pasar ini. Tapi jangan tanyakan ke saya kapan, yang pasti segera,” ujar Roman kepada Kompas.com, Agustus 2018.

Roman menambahkan, ketika itu Datsun masih optimistis dengan pasar Indonesia. Ia menilai apa yang dilakukan oleh Datsun (Go dan Go+) sejauh ini hanyalah permulaan.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Ini 5 Besar Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Tampilan interior Nissan MagniteNissan Global Tampilan interior Nissan Magnite

Namun, sayang kabar soal hengkangnya Datsun dari Indonesia mulai santer sejak akhir 2019. Pada awal 2020, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek Nissan-Datsun pun mulai mengumumkan secara resmi kabar tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X