Tubeless Masih Pakai Ban Dalam, Mubazir!

Kompas.com - 21/12/2020, 09:22 WIB
Ban Tubeless Foto: IstimewaBan Tubeless

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini ada dua tipe ban motor yang ada di pasaran. Pertama yaitu tube type yang masih memakai ban dalam dan satu lagi yaitu tubeless yang tidak perlu memakai ban dalam.

Beberapa motor yang baru keluar dari pabrik sudah menggunakan ban tubeless. Namun seiring digunakannya motor, pasti sering mengalami bocor sehingga harus ditambal.

Ketika sudah terlalu banyak tambalan atau bannya sudah tidak bagus lagi, ada satu cara mengakali agar tetap bisa digunakan, yaitu dengan memakai ban dalam. Lalu apa efek jika melakukan hal ini?

Baca juga: Dorna Larang Repsol Honda Turunkan 3 Motor di MotoGP 2021

Ban motor kempisFoto: motorcyclenews.com Ban motor kempis

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk., Produsen IRC Tire, Dodiyanto mengatakan, mengakali memakai ban dalam pada ban tipe tubeless akan memberikan efek seperti ban yang bertambah berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Memang tambah berat, namun saat dipakai memang tidak terlalu terasa efeknya. Selain itu juga jadi mubazir,” ucap Dodiyanto kepada Kompas.com, Minggu (20/12/2020).

Mubazir di sini maksudnya memakai ban dalam pada ban tubeless akan menghilangkan fungsi ban tubeless. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga lebih mahal karena harga ban tubeless yang relatif lebih mahal daripada tube type.

Baca juga: Operasi Lilin 2020, Polisi Bakal Razia Rest Area

“Jika memakai ban tipe tubeless ditambah ban dalam, cost jadi double,” kata Dodiyanto.

Jadi lebih baik kalau memang memakai ban dalam, pakai ban luar yang tipe tube type agar lebih ekonomis. Sedangkan jika ban tubeless sudah rusak karena banyak tambalan, lebih baik ganti yang baru, bukan diakali dengan memakai ban dalam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.