Ubah Ban Mobil Diameter Lebih Kecil Bisa Tingkatkan Akselerasi?

Kompas.com - 14/12/2020, 19:21 WIB
Ilustrasi pilihan ban dan pelek aftermarket buat Suzuki Jimny generasi keempat. response.jpIlustrasi pilihan ban dan pelek aftermarket buat Suzuki Jimny generasi keempat.

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi yang bisa dilakukan pada mobil yaitu mengganti bannya. Karena sebagai komponen yang menyentuh aspal secara langsung, mengganti ban ternyata bisa memengaruhi akselerasi mobil.

Perlu diketahui, setiap ban memiliki diameter yang berbeda-beda. Diameter ban termasuk pelek yang dipasang bisa disebut dengan overall diameter (OD). Besar kecilnya OD ini yang berpengaruh pada akselerasi kendaraan.

On Vehicle Test Manager PT GaJah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan, jika memasang ban yang OD nya lebih kecil dibanding ukuran standarnya bisa membuat akselerasinya lebih baik.

Baca juga: Putar Setir Sampai Mentok Bisa Bikin Power Steering Hidrolik Rusak?

modifikasi pelek besarKompas.com/Fathan Radityasani modifikasi pelek besar

“Kalau OD lebih kecil, dengan arti lebih pendek, akan membuat akselerasinya bagus, namun top speed atau kecepatan puncaknya malah turun, begitu juga sebaliknya,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Namun jika memakai ban yang ODnya lebih besar dibanding ukuran standar, akselerasi mobil akan turun namun kecepatan puncaknya akan naik. Tingkat akselerasinya yang naik juga lumayan terasa dibanding ban biasa.

Baca juga: Ingat, Jas Hujan Ponco Bukan untuk Naik Motor

“Peningkatan akselerasinya signifikan, akselerasi kan biasanya jarak pendek saja, kalau start pasti lebih enak. Cuma kalau dibawa ke jalan tol yang panjang, top speednya jadi kurang,” kata Zulpata.

Perlu diingat kalau OD bisa dihitung dengan diameter pelek ditambah dengan tinggi profil ban dikalikan dua. Dengan mengetahui OD ban yang digunakan, pemilik mobil bisa memilih ingin meningkatkan akselerasi atau top speed saat mengganti bannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X