Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ubah Ban Mobil Diameter Lebih Kecil Bisa Tingkatkan Akselerasi?

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi yang bisa dilakukan pada mobil yaitu mengganti bannya. Karena sebagai komponen yang menyentuh aspal secara langsung, mengganti ban ternyata bisa memengaruhi akselerasi mobil.

Perlu diketahui, setiap ban memiliki diameter yang berbeda-beda. Diameter ban termasuk pelek yang dipasang bisa disebut dengan overall diameter (OD). Besar kecilnya OD ini yang berpengaruh pada akselerasi kendaraan.

On Vehicle Test Manager PT GaJah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan, jika memasang ban yang OD nya lebih kecil dibanding ukuran standarnya bisa membuat akselerasinya lebih baik.

“Kalau OD lebih kecil, dengan arti lebih pendek, akan membuat akselerasinya bagus, namun top speed atau kecepatan puncaknya malah turun, begitu juga sebaliknya,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Namun jika memakai ban yang ODnya lebih besar dibanding ukuran standar, akselerasi mobil akan turun namun kecepatan puncaknya akan naik. Tingkat akselerasinya yang naik juga lumayan terasa dibanding ban biasa.

“Peningkatan akselerasinya signifikan, akselerasi kan biasanya jarak pendek saja, kalau start pasti lebih enak. Cuma kalau dibawa ke jalan tol yang panjang, top speednya jadi kurang,” kata Zulpata.

Perlu diingat kalau OD bisa dihitung dengan diameter pelek ditambah dengan tinggi profil ban dikalikan dua. Dengan mengetahui OD ban yang digunakan, pemilik mobil bisa memilih ingin meningkatkan akselerasi atau top speed saat mengganti bannya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/14/192100615/ubah-ban-mobil-diameter-lebih-kecil-bisa-tingkatkan-akselerasi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke