Begini Cara Aman Mengerem Skutik di Turunan Curam

Kompas.com - 14/12/2020, 18:41 WIB
Touring Honda PCX di Bali Aloysius Gonsaga AE/Kompas.comTouring Honda PCX di Bali
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur akhir tahun, sejumlah orang mulai merencanakan agenda touring ke berbagai wilayah.

Bagi warga Jakarta, destinasi touring yang menarik tentunya yang memiliki medan beragam seperti tanjakan, turunan, hingga tikungan berliku.

Namun bagi pengguna skutik ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap aman di jalan. Salah satunya teknik pengereman, terutama saat melewati medan tanjakan dan turunan tajam.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer Honda wilayah Jakarta-Tangerang, mengatakan, pengendara skutik harus lebih waspada saat melewat turunan karena motor nyaris tidak memiliki engine brake.

Baca juga: Gebrakan Baru Toyota di Pasar Mobil Listrik Dunia

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh smartgram (@smart.gram)

“Saat turunan atau jalan menurun, usahakan gas harus terisi tidak tertutup habis,” ucap Agus, kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Karena jika gas ditutup habis maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman,” katanya.

Oleh sebab itu, pengendara skutik disarankan mempelajari karakter motor terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh.

Baca juga: Ingat, Jas Hujan Ponco Bukan untuk Naik Motor

Cara menekan hendel rem sepeda motorridertua.com Cara menekan hendel rem sepeda motor

Di samping itu, pengendara juga diimbau menggunakan kedua rem secara bersamaan, jangan salah satu saja.

Hal ini dilakukan agar lebih efektif mengurangi laju perlambatan saat mengerem. Penting juga untuk tidak selalu mengerem setiap saat, namun pada saat-saat tertentu saja agar rem tidak cepat panas.

Pasalnya dalam kondisi tertentu, bisa terjadi fenomena vapor lock yang membuat kinerja rem menurun lantaran digunakan terus menerus.

“Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu berada di tuas rem kanan dan kiri,” ujar Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.