Pahami Cara Kerja Kompresor AC Mobil Hingga Perawatannya

Kompas.com - 14/12/2020, 18:21 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) merupakan salah satu fitur wajib yang harus tersedia di mobil agar pengemudi nyaman saat berkendara.

Salah satu yang menjadi jantung utama dari instalasi pendingin udara atau AC di mobil adalah kompresor.

Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong menjelaskan, fungsi kompresor sendiri adalah untuk sirkulasi freon ke seluruh sistem AC dengan cara menaikkan tekanan freon.

Fungsi kompresor yang baik tersebut didukung dengan adanya oli khusus yang berfungsi sebagai pelumas sehingga kompresor bisa berfungsi dengan baik.

Baca juga: Amankah Nyetir Mobil Tanpa Alas Kaki?

Cara kerja

Pada dasarnya, pergerakan kompresor AC mobil mengikuti pergerakan mesin. Semakin pelan mobil melaju, maka akan semakin berat pula kerja kompresor, sehingga udara yang dikeluarkan tidak akan stabil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompresor AC mobil copotan. Hati-hati memilih.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kompresor AC mobil copotan. Hati-hati memilih.

Kompresor bekerja dengan menggunakan gerakan rotari yang diperoleh dari putaran mesin melalui V-belt dan pulley. Poros atau as kompresor terhubung dengan plat yang memiliki beberapa nok.

Saat nok tersebut menyentuh piston, maka piston akan bergerak kedepan. Sehingga dapat menekan freon dan memaksanya keluar dengan tekanan tinggi.

“Sederhananya, kompresor memompa freon ke seluruh saluran AC,” ujar Kelvin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/12/2020).

Ciri-ciri kompresor AC bermasalah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.