Odometer Digital pada Mobil Bekas Lebih Mudah Dimanipulasi, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 13/12/2020, 12:22 WIB
Odometer dengan km asli atau sudah diputar mundur bisa dicek dengan cara khusus. KompasOtomotif-Donny AprilianandaOdometer dengan km asli atau sudah diputar mundur bisa dicek dengan cara khusus.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini tidak sedikit konsumen mobil bekas masih berpatokan pada angka pada odometer di panel dashboard.

Ada yang percaya bahwa sedikit banyaknya angka yang tertera pada indikator penunjuk jarak tempuh kendaraan itu ada korelasinya dengan kondisi kendaraan, terutama mesinnya.

Semakin sedikit angka terbaca di odometer maka kondisi kendaraan secara keseluruhan akan semakin bagus.

Hal inilah yang kemudian membuat mobil seken dengan angka odometer lebih rendah harga jualnya lebih mahal dibandingkan mobil dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

Baca juga: Ini 14 Provinsi yang Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Jelang Akhir 2020

Peluang ini kemudian mendorong oknum penjual mobil setengah pakai melakukan praktik curang dengan cara memanipulasi angka pada odometer kendaraan yang akan dijualnya.

Dengan begitu maka keuntungan yang akan didapatkannya akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan kondisi apa adanya atau belum diakali.

Untuk mobil-mobil keluaran lama yang masih mengadopsi odometer manual, manipulasi bisa dilakukan dengan cara memutar paksa menggunakan alat khusus atau obeng.

OLX bekerja sama dengan OtoSpector, menyedikan jasa pemeriksaan kendaraan terpercaya bagi calon pembeli mobil bekasKompas.com/Setyo Adi OLX bekerja sama dengan OtoSpector, menyedikan jasa pemeriksaan kendaraan terpercaya bagi calon pembeli mobil bekas

Tetapi bagaimana dengan teknologi odometer yang sudah digital, apakah justru lebih mudah untuk dimanipulasi?

Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer mengatakan, odometer digital tidak luput dari kemungkinan dimanipulasi oleh oknum pedagang mobil.

Baca juga: Ingat, Penghapusan Denda Bukan Berarti Bebas Pajak Kendaraan

Menurutnya, mobil bekas dengan odometer digital lebih mudah diakali agar angkanya menjadi sedikit dibandingkan sebelumnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.