Marquez Sebut Keputusan Dovizioso Vakum dari MotoGP 2021 Berisiko

Kompas.com - 11/12/2020, 12:22 WIB
Potret Andrea Dovizioso selama Uji MotoGP Valencia di Circuito de velocidad de Jerez de la Frontera, di Jerez dekat Sevilla, dari 25 hingga 26 November 2019 Potret Andrea Dovizioso selama Uji MotoGP Valencia di Circuito de velocidad de Jerez de la Frontera, di Jerez dekat Sevilla, dari 25 hingga 26 November 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso telah memutuskan tidak akan mengikuti balapan dan menerima tawaran dalam bentuk apapun untuk MotoGP 2021.

Untuk diketahui, kontrak Dovizioso di Ducati akan habis pada akhir musim ini. Rumor menyebutkan bahwa masalah gaji yang tidak dipenuhi, membuat pebalap asal Italia tersebut tidak perpanjang kontrak dengan Ducati.

Dovizioso berencana untuk comeback ke lintasan pada MotoGP 2022, ketika dirinya sudah menemukan tim yang cocok.

Baca juga: Ditanya Soal Gelar Juara Dunia, Morbidelli Tahu Diri

Hal tersebut sontak mendapat sorotan dari mantan rivalnya, Marc Marquez. Marquez menilai keputusan yang diambil oleh Dovizioso adalah sebuah kesalahan.

“Saya tidak mengerti apa yang sedang terjadi, itu adalah situasi yang mengejutkan. Dovizioso bertarung untuk gelar juara selama tiga musim dengan selalu menjadi runner-up. Saya rasa keputusan meninggalkan MotoGP itu berisiko,“ ujar Marquez dikutip dari Tuttomotoriweb, Kamis (10/12/2020).

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan), tengah berbincang dengan rider Ducati, Andrea Dovizioso, pada sebuah sesi konferensi pers jelang MotoGP Malaysia 2019, 31 Oktober 2019.AFP/MOHD RASFAN Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan), tengah berbincang dengan rider Ducati, Andrea Dovizioso, pada sebuah sesi konferensi pers jelang MotoGP Malaysia 2019, 31 Oktober 2019.

Menurut pebalap yang dijuluki The Baby Alien itu, situasi tersebut bisa terjadi lantaran Dovizioso tidak nyaman dengan kinerja motor balapnya di musim 2020.

"Mungkin Dovi tidak merasa nyaman dengan motornya. Ada banyak pembicaraan tentang masalah dengan ban belakang. Motornya berhasil karena Miller mampu menciptakan hasil bagus, dan Dovi selalu lebih cepat dari Miller. Tentu saja ini aneh, tapi itu hanya pendapat saya saja kalau dilihat dari luar," kata Marquez.

Baca juga: Marc Marquez Sebut Quartararo Kalah Mental

Kendati demikian, operasi ketiga yang dilakukan Marquez belum lama ini memungkinkan dirinya absen pada seri pembuka MotoGP 2021. Dengan situasi ini, tim Respol Honda harus segera mencari pebalap baru untuk mengisi kursi Marc Marquez.

Dovizioso digadang-gadang sebagai kandidat paling kuat untuk menggantikannya lantaran sudah tidak asing lagi dengan motor Honda yang pernah ditunggangganginya pada 2009-2011. Jika benar ini memungkinkan pebalap asal Italia itu comeback lebih cepat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X