Ubah Knalpot Moibl Standar Jadi Lebih Gaya Jangan Asal!

Kompas.com - 10/12/2020, 10:42 WIB
Ganti knalpot mobil butuh perhatian di banyak bagian. Otomania-Donny AprilianandaGanti knalpot mobil butuh perhatian di banyak bagian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ubah knalpot menjadi salah satu modifikasi yang kerap dilakukan oleh pemilik mobil selain ganti pelek. Alasannya, efek yang terjadi sudah pasti bisa mendongkrak penampilan dan perfoma, meski tidak terlalu signifikan.

Namun, sebelum memutuskan untuk menganti knalpot standar mobil, ada baiknya memperhatikan beberapa langkah yang bisa menentukan berhasil tidaknya tujuan modifikasi. Jadi, jangan asal!

“Cari knalpot yang pas dan cocok itu sebetulnya gampang-gampang susah. Misal untuk menambah perfoma, ada teknik dan trik khusus supaya benar-benar nambah,” ujar Irmadiani, pemilik bengkel spesialis knalpot Sangapta Jaya Motor saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Cegah Kusam pada Bodi Mobil saat Musim Hujan

Berikut ini beberapa tips yang diberikan oleh Irma ketika akan mengganti knalpot:

Knalpot Isuzu Panther modifikasiGridOto.com Knalpot Isuzu Panther modifikasi

1. Cocokkan dengan penampilan mobil.

Ini adalah langkah awal, karena estetika cukup berpengaruh saat mengganti knalpot.

“Banyak orang yang asal pasang muffler tapi tidak cocok dengan tampang buritan mobil. Kemudian, soal bahan pilih yang berkualitas karena akan dipakai lama. Misalnya bahan stainless steel yang tidak mudah berkarat,” kata Irma.

2. Total.

“Tidak cuma memasang muffler, penggantian harus total. Penggantian full system knalpot (header, pipa, resonator, dan muffler) bisa membuat performa meningkat jauh,” kata Irma.

3. Saluran gas buang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.