Fokus Kendaraan Penumpang, BMW Mundur dari Formula E

Kompas.com - 04/12/2020, 17:05 WIB
Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019. AFP/GETTY IMAGES/David Dee DelgadoPebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW memutuskan akan keluar dari kejuaraan dunia balap mobil listrik murni Formula E pada akhir musim depan. BMW menjadi manufaktur kedua yang mengundurkan diri usai Audi pada satu pekan sebelumnya.

Pabrikan asal Jerman tersebut mengatakan penguduran ini diputuskan karena merasa sudah 'menghabiskan semua potensi' untuk mengembangkan teknologi listrik.

"Dalam hal pengembangan e-drivetrains, BMW Group pada dasarnya telah menggunakan semua kesempatan untuk bentuk transfer teknologi di lingkungan kompetitif Formula E," ujar BMW seperti dikutip Reuters, Jumat (4/12/2020).

Baca juga: Rugikan Negara dan Pengusaha, Kemenhub Harap Zero ODOL Tak Mundur

Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.Youtube/Michelin Passion Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.

Kompetisi pertama BMW sebagai tim manufaktur dimulai pada musim 2018-2019. Saat itu mereka menang di laga resmi pertama di Diriyah, kemudian mengakhiri musim di posisi lima.

Pada musim 2019-2020 BMW memenangkan tiga seri lainnya, namun tetap berada di posisi lima pada klasemen akhir.

Setelah menyelesaikan sesi uji pra musim untuk 2020, barulah keputusan tersebut menemui perampungan.

"Setelah tujuh tahun sukses, BMW Group akan mengakhiri keterlibatannya dalam seri pada akhir musim depan," tulis pernyataan resmi tim BMW.

Menurut BMW pihaknya tidak lagi bisa mengembangkan sistem gerak listrik untuk transfer teknologi ke mobil produksi massal dalam lingkungan kompetitif Formula E.

Baca juga: Cek Spesifikasi DFSK Glory 580 yang Digugat Hampir Rp 9 Miliar

London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.Source: www.fiaformulae.com London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.

Fokus strategi perusahaan dikatakan kini tertuju pada mobilitas elektrifikasi dan disebut ingin konsentrasi pada mobil produksi massal dengan generasi kelima BMW E-drives.

Adapun musim ke-7 Formula E akan dimulai di Chile pada Januari 2021. Pabrikan lain yang terlibat dalam balapan mobil listrik ini adalah Mercedes-Benz, Porsche, Nissan, Jaguar, DS dari Citroen.

Balapan yang telah mendapat restu dari FIA menjadi kejuaraan dunia itu akan menggunakan mobil generasi ketiga pada 2022.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X