Kompas.com - 04/12/2020, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik entry level cenderung mengarah ke skutik yang harganya paling terjangkau. Contohnya, di Yamaha ada Gear 125 dan di Honda ada BeAT.

Meski demikian, Yamaha mengatakan keberatan jika Gear 125 dibanding-bandingkan dengan BeAT. Meski harganya mirip-mirip, tapi kapasitas mesin yang ditawarkan berbeda.

Baca juga: Jajal Yamaha Gear 125, Libas Perkotaan Sampai Naik Bukit

Antonius Widianto, Manager Public Relation dan Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, Gear 125 bukan lawan BeAT sebenarnya. Sebab, secara produk, kompetitor bermain di 110 cc.

Honda BeatFoto: Istimewa Honda Beat

"Mungkin karena Yamaha paling kecil punya 125 cc, konsumen akhirnya membandingkan dengan 110 cc milik kompetitor. Kami ingin mengedukasi konsumen, motor 125 cc yang Yamaha punya, selain irit, juga bertenaga," kata Anton, kepada wartawan, di sela-sela test ride Gear 125 di Sentul, Bogor, Kamis (3/12/2020).

Anton menambahkan, Yamaha memang sudah memutuskan tidak lagi bermain di 110 cc. Dengan minimal mesin 125 cc, menurutnya, konsumen lebih bisa menang banyak dengan mesin yang lebih powerful, tenaganya lebih besar tapi tetap irit.

Baca juga: Adu Spek Honda Vario 125 dan Yamaha Gear 125

"Kalau memang mau dibandingkan, harusnya sesama 125 cc, bukan yang 110 cc," kata Anton.

Menurut Anton, jika Yamaha ikut membuat motor 110 cc, ujung-ujungnya akan menjadi bahan untuk dibanding-bandingkan.

Yamaha Gear 125Kompas.com/Donny Yamaha Gear 125

"Mungkin yang paling sering fuel consumption, mungkin secara logika tetap irit 110 cc. Kenapa Yamaha tidak bermain 110 cc? Karena kita ingin memberikan diferensiasi kepada konsumen, kalau hanya 110 cc atau hanya mengejar irit, ya iritnya saja yang didapat," ujar Anton.

Dengan mesin Bluecore 125 cc, Anton mengklaim lebih banyak yang didapat konsumen. Tidak hanya irit, tapi juga tetap bertenaga, karena mesinnya 125 cc.

Yamaha membanderol Gear 125 mulai dari Rp 16.750.000 (OTR Jakarta). Sedangkan Honda, membanderol BeAT mulai dari Rp 16.450.000 (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.