Kompas.com - 04/12/2020, 12:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota dikabarkan segera meluncurkan generasi baru dari Land Cruiser pada April 2021. Kehadiran mobil yang diprediksi memiliki kode bodi J300 ini, menjadi ubahan yang pertama kali dalam 13 tahun terakhir.

Dilansir dari Best Car Web, Land Cruiser yang tengah dikembangkan ini akan mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang dikembangkan dari sasis lama.

Tak ketinggalan dapur pacu, suspensi, mekanisme 4WD yang baru. Termasuk desain bodi, kaki-kaki, dan eksterior-interior secara keseluruhan.

Baca juga: Video Viral Bus Ngeblong Lawan Arah hingga Sopirnya Dikeroyok Warga

Ilustrasi Toyota Land Cruiser model barurushlane Ilustrasi Toyota Land Cruiser model baru

Urusan mesin, kabarnya Toyota akan mempensiunkan mesin bensin 4.600 cc V8, 5.700 cc V8, dan mesin diesel 4.500 cc V8.

Kemudian menggantinya dengan dua tipe. Pertama mesin bensin 3.500 cc V6 Turbo & Hybrid, kemudian tersedia juga mesin 3.300 cc Turbo Diesel.

Dengan ubahan-ubahan yang diberikan, diprediksi akan membuat Land Cruiser menjadi SUV yang lebih ringan dan lebih efisien, namun memberikan performa offroad yang lebih baik.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Trik Mengemudi Saat Hadapi Tanjakan

Ilustrasi Toyota Land Cruiser Pradocreative311.com Ilustrasi Toyota Land Cruiser Prado

Sebelumnya, Land Cruiser J200 untuk pasar Timur Tengah kabarnya bakal mendapat facelift. Secara umum, SUV ini masih mengusung basis yang sama dengan Land Cruiser saat ini.

Perbedaan mencolok datang dari ubahan di sisi eksterior, seperti gril depan baru dengan krom yang lebih banyak, dan kisi-kisi udara baru yang lebih lebih besar.

Di interior, ubahan bakal fokus dengan penyematan sunroof dan fitur kenyamanan serta hiburan kelas atas. Serta paket Toyota Safety Sense untuk meningkatkan fitur keamanan dan keselamatan.

Selain itu, model yang lebih kecil seperti Land Cruiser Prado juga dijadwalkan untuk berganti model sepenuhnya pada 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.