Kompas.com - 04/12/2020, 11:21 WIB
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield Himalayan dan KTM 390 Adventure mengisi ceruk pasar petualang kelas menengah. Bermain di kelas yang sama harga keduanya juga bersaing ketat.

Kompas.com sudah menjajal keduanya beberapa waktu lalu. Kini saatnya mengulik perbandingan kedua motor merek Eropa tersebut.

Baca juga: Tes KTM 390 Adventure di Aspal dan Tanah

Royal Enfield HimalayanKOMPAS.com/Gilang Royal Enfield Himalayan

Desain

RE Himalayan hadir dengan desain yang klasik, sesuai dengan sejarah motor-motor Royal Enfield terdahulu.

Pengunaan lampu bulat di depan menjadi ciri khas motor petualang zaman dulu. Lampu depannya juga masih pakai bohlam menambah kesan klasik.

Pegangan lampu dan panel instrumen sekaligus jadi pelindung sisi tangki bensin dan membuatnya tampil gagah. Selain itu dibekali windshield dan spion bulat.

Adapun KTM 390 Adventure lebih modern. Lampu depan model terbelah adopsi dari saudaranya Duke 390.

Tak heran jika kemudian bentuk lainnya juga mirip-mirip mulai dari sasis, tangki, sampai ke buritan belakang. Bedanya ialah detailnya memang dibuat untuk motor dual purpose.

KTM 390 AdventureKOMPAS.com/Gilang KTM 390 Adventure

Posisi berkendara

Sekilas sosok RE Himalayan sangat kekar dan tinggi. Tangki yang besar serta jok belakang bertingkat membuat ilusi bahwa motor ini sangat besar. Padahal tidak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.