Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Knalpot Mobil Keluar Air di Pagi Hari, Normalkah?

Kompas.com - 04/12/2020, 08:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memanaskan mobil pada pagi hari menjadi rutinias yang biasa dilakukan, termasuk para pemilik kendaraan pertama alias first time buyer. Biasanya, dalam proses tersebut akan terlihat ada tetesan air yang keluar dari knalpot.

Bahkan pada keadaan tertentu, tetesan air yang keluar cukup deras hingga membuat pemilik mobil khawatir bilamana ada kerusakan pada salah satu komponen mobil.

Tetapi ternyata proses itu merupakan hal yang wajar, sebagaimana dikatakan Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi.

Baca juga: Batas Tinggi Banjir yang Bisa Dilalui Motor dengan Aman

Ilustrasi asap putih keluar dari knalpot mobilFoto: Paulan.org Ilustrasi asap putih keluar dari knalpot mobil

"Wajar saja khususnya ketika kondisi suhu rendah (perbedaan suhu saat mesin dinyalakan) karena kemungkinan terjadi kondensasi di knalpot yang dapat menjadi titik air," katanya saat dihubungi Kompas.com.

Anjar menambahkan, kondensai di temperatur rendah sebagai fenomena alamiah. Kondisi ini juga masih ada hubungannya dengan keluarnya asap tipis dari knalpot.

“Kemudian jika keluar asap putih itu wajar, karena air kondensasinya terkena panas di knalpot ketika mobil dinyalakan,” katanya.

Baca juga: Cuci Motor Pakai Kompresor, Waspada Mesin Jebol

Hal serupa dinyatakan Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahad yang menyatakan keluar air dari knalpot di pagi hari justri menjadi tanda bahwa mobil dalam kondisi sehat.

"Itu jadi tanda bahwa mesin mobilnya masih bagus serta masih ada sisa pembakaran di dalam knalpot akan mengembun karena pendinginan alami oleh suhu udara di luar," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com