Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batas Tinggi Banjir yang Bisa Dilalui Motor dengan Aman

Kompas.com - 03/12/2020, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini berbagai wilayah Indonesia tengah memasuki wilayah penghujan. Bahkan, pada titik tertentu diprediksi akan terus diguyur hujan dalam beberapa hari.

Oleh karena itu, bagi pengguna kendaraan roda dua patut mengetahui teknik berkendara yang aman kala menghadapi situasi tersebut. Sebab, ketika hujan turun jalanan akan menjadi licin dan timbul banyak genangan air.

"Lantas, seberapa tinggi genangan air yang boleh dilintasi oleh sepeda motor? Idealnya, banjir dengan tinggi sekitar seperempat roda masih aman," kata Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman kepada Kompas.com, Kamis (3/12/2020)

Baca juga: Begini Cara Mengemudi Mobil Saat Hujan

Jas hujan poncoFoto: GridOto.com Jas hujan ponco

Pada kondisi itu, pengemudi sebisa mungkin jangan sampai menutup gas karena dikhawatirkan membuat air masuk ke ruang bakar melalui lubang knalpot.

Jika air sudah masuk sampai ke ruang bakar, efeknya bisa fatal. Buka hanya membuat kendaraan mati, tapi motor bisa mengalami water hammer.

"Efek dari water hammer itu menyebabkan setang piston bengkok. Jadi harus dihindari," kata Asep.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Trik Mengemudi Saat Hadapi Tanjakan

Hal serupa berlaku untuk motor matik ketika menerobos banjir. Batas genangan air yang boleh dilewati tak beda jauh dan hindari menutup gas.

"Jangan sampai air mencapai boks filter udara yang terletak di sekitar cover CVT karena itu berbahaya dan buat masalah panjang pada motor. Kalau ada jalan lain, lebih baik jangan memaksakan diri," ujar Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno di kesempatan terpisah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com