Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Provinsi Bebas PKB | Bus Gaya Eropa | Nissan Magnite Rp 96 Jutaan

Kompas.com - 04/12/2020, 06:32 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang tutup tahun 2020, ada 14 provinsi di Indonesia yang memberikan keringanan berupa pembebasan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Namun tidak termasuk DKI Jakarta.

Pembebasan atau yang biasa disebut pemutihan tersebut juga berlaku bagi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Dengan adanya keringanan tersebut, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan untuk membayar kewajibannya dan melunaskan tunggakan PKB.

Adapun beberapa provinsi yang memberlakukan pembebasan denda PKB dan BBNKB adalah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Banten, Jawa Barat, Bali, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Ini 14 Provinsi yang Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Jelang Akhir 2020

Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.ANTARA FOTO/SENO Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.

Nah untuk lebih detailnya, bisa langsung cek di berita terkait yang menjadi artikel terpopuler Otomotif Kompas pada Kamis (2/12/2020). Tapi selain itu, masih ada beberapa berita lain yang tak kalah untuk disimak.

1. Bus Baru Gaya Eropa, Buatan Karosesi Asal Bandung

Artikel populer berikutnya datang dari segmen niaga. Kali ini membahas soal kehadiran bus baru dengan gaya Eropa hasil garapan karoseri Stadabus asal Bandung.

Mengusung model bodi Coach Enterprise, Stadabus memang sengaja merancang bangun konsepnya seperti bus yang banyak beredar di daratan Eropa. Hal ini bisa dilihat dari model lampu utama yang unik berupa tiga titik.

Bus baru Stadabus Coach EnterpriseMuhammad Alif Naufal Bus baru Stadabus Coach Enterprise

Tak hanya itu, desainnya juga ternyata mengkolaborasi antara konsep zaman lawas dan modern. Konsep zaman dulu bisa dilihat dari headlightnya yang tidak mengikuti tren memakai day-time running light (DRL). Sedangkan sisi modernnya ada di bentuk bodinya.

Baca juga: Bus Baru Gaya Eropa, Buatan Karoseri Asal Bandung

Hal tersebut dimaksudkan agar Stadabus memiliki desain yang berbeda dari kebanyakan bodi-bodi bus yang beredar di jalanan Indonesia.

2. Masih Gagah, Harga 6 SUV Bekas Ini Cuma Rp 50 Jutaan

Berikutnya datang dari segmen mobil bekas. Tema kali ini mengulik soal deretan SUV harga pasarannya cuma Rp 50 jutaan.

Honda CR-V generasi kedua Honda CR-V generasi kedua

Hal ini cocok buat yang sedang mencari reverensi mobil seken dengan bujet minim. Pilihannya juga banyak, tak semua merupakan SUV asal Jepang, ada juga yang merek Amerika Serikat.

Namun perlu diingat, meski harganya saat ini sangat miring, tapi namanya mobil sudah berumur artinya bisa saja ada masalah dan kekurangnnya.

Baca juga: Masih Gagah, Harga 6 SUV Bekas Ini Cuma Rp 50 Jutaan

Ilustrasi Nissan TerranoDok. Otomotif Group Ilustrasi Nissan Terrano

Sementara untuk beberapa pilihannya antara lain Nissan Terrano lansiran 1997, Honda CR-V 1995, Suzuki Escudo 1998, serta Chevrolet Blazer keluaran 1996 hingga 2005.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com