Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Bus Tinggi dengan Bagasi Ekstra Luas

Kompas.com - 02/12/2020, 19:11 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus dengan bagasi sangat luas memang sedang ramai saat ini. Setiap karoseri di Indonesia memiliki line up bodi bus yang memiliki bagasi yang tinggi. Misalnya seperti Jetbus SHD dan MHD, Evolander SHD, dan lainnya.

Bus dengan bagasi ekstra luas ini juga didukung dengan jenis sasis saat ini yang mengadopsi space frame. Sehingga bagasi yang tadinya ada batang sasis, sekarang jadi hilang dan membuat bagasinya tembus dari kanan ke kiri.

Kemudian dengan model bagasi yang tembus ini, beberapa karoseri juga mulai membuat bus yang tinggi. Semakin tinggi bus, maka luas bagasinya bisa dimaksimalkan. Lalu sebenarnya sejak kapan tren bagasi ektra luas ini muncul?

Baca juga: Mobil Bekas Rp 80 Jutaan di Balai Lelang, Ada Innova, CR-V Hingga Odyssey

PO easytrans karoseri new armadabus-pariwisata.id PO easytrans karoseri new armada

Design Development karoseri New Armada, Deddy Hermawan mengatakan, tren bus dengan bagasi tinggi yang menjadikannya sangat luas sudah ada sekitar tahun 2016.

“Pada tahun 2016, New Armada mengeluarkan bus Evolander Highdeck-panoramic double glass yang tingginya sekitar 3,8 meter. Setahun kemudian, membuat Evolander SHD yang tingginya 3,87 meter,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Rabu (2/12/2020).

Deddy mengatakan, permintaan akan bus tinggi biasanya karena pasarnya. Kostumer dan penumpang bus sekarang sudah banyak info dan akses bus luar negeri, jadi suka membandingkan bus buatan Indonesia dan yang ada di luar.

Baca juga: Benarkah Ban Mobil Harus Istirahat saat Menempuh Perjalanan Jauh?

“Bus tinggi ini hanya tren saja. Penumpang juga ingin update bahwa yang mereka naiki atau sewa itu bus yang paling baru, meski cuma modelnya saja,” kata Deddy.

Lalu soal bagasi ekstra tinggi, memang keinginan dari kostumer. Dengan bagasi yang lega, selain mengangkut barang bawaan penumpang, bisa juga untuk membawa barang kiriman dalam bentuk paket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com