Salin Artikel

Lokasi Uji Tipe Hasil Konversi Motor Listrik Tidak Sentralisasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah mengeluarkan aturan mengenai konversi motor bensin menjadi motor listrik. Lewat peraturan ini diharapkan dapat mempercepat tren kendaraan listrik.

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2020, disebutkan bengkel dan mekanik harus punya sertifikasi, kemudian motor yang dikonversi juga mesti uji tipe.

Direktur Sarana Transportasi Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub Pandu Yunianto mengatakan, lokasi uji tipe motor hasil konversi akan ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Darat.

"Itu nanti dilihat populasi yang terbanyak di mana. Karena itu disebutkan pelaksanaan unit pengujian ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Darat, jadi tidak mesti harus dilakukan di unit pengujian Bekasi," kata Pandu kepada Kompas.com, belum lama ini.

Alasannya, kata Pandu, motor konversi merupakan produk yang sifatnya pribadi bukan produk massal. Sehingga proses uji tipe akan berbeda dengan motor yang baru meluncur.

"Karena ini sifatnya akan per unit bukan massal. Kalau uji tipe baru yang diuji ialah prototipenya, sedangkan konversi ini kendaraan yang sudah ada jadi sifatnya individual," kata Pandu.

"Karena sifatnya individual, kalau semuanya dipaksa ke Bekasi, yang tinggal di Papua bagaimana? jadi tidak mesti dilakukan di Bekasi. Tapi nanti akan ditunjuk oleh Dirjen, mungkin cukup dilakukan di unit pengujian berkala di Kabupaten atau Kota," katanya.

Saat ini Kemenhub punya Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, untuk melakukan pengujian tipe kendaraan bermotor.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/03/094200615/lokasi-uji-tipe-hasil-konversi-motor-listrik-tidak-sentralisasi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.