Jangan Sembarangan Pilih Ban untuk Mobil Keluarga

Kompas.com - 30/11/2020, 13:32 WIB
Ilustrasi ban mobil Dok. ShutterstockIlustrasi ban mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Karet bundar tersebut diibaratkan sebagai alas kaki kendaraan bermotor, karena berinteraksi langsung dengan aspal atau kontur jalan.

Tidak hanya berfungsi untuk penyangga beban, ban juga mampu mempengaruhi gaya dorong, maksimalisasi daya cengkram saat pengereman, serta meredam getaran kendaraan dari permukaan jalan.

Menilik berbagai fungsi vital yang dimiliki, tak heran berbagai aspek berkendara, seperti performa, handling, dan kenyamanan, sangat berkaitan dengan ban.

Baca juga: Masih Banyak yang Bingung Beda Teknologi Immobilizer dan Keyless

Ilustrasi ban mobilKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi ban mobil

Maka dari itu, dalam memilih ban mobil khususnya pada kendaraan keluarga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pemilik harus memilih ban dengan kualitas mumpuni dan sesuai dengan tipe kendaraannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Head of Corporate Communications dan Public Relations PT Bridgestone Tire Indonesia Arko Kanadianto menjelaskan, tipe ban untuk mobil penumpang secara umum terbagi atas dua jenis, yakni sport dan touring.

"Mobil sport dituntut untuk bisa dipacu sampai kecepatan tinggi dan memberikan sensasi berkendara yang berbeda. Oleh karena itu, mobil sport memerlukan ban dengan karakteristik serupa," katanya dalam keterangan tertulis belum lama ini.

Ban mobil sport, lanjut Arko, harus mampu memberikan initial steering response yang baik atau kecepatan ban untuk menyesuaikan arah kemudi kendaraan.

Baca juga: Jurus Ampuh Membeli Pelek Bekas Mobil dari Para Ahli

Pengecekkan ban mobilKOMPAS.com/Ruly Pengecekkan ban mobil

“Selain itu, jenis ban yang dipilih harus tetap stabil di jalan menikung. Jarak pengereman ban pun harus pendek, baik di permukaan basah maupun kering,” imbuh Arko.

Sementara itu, kendaraan multi-purpose vehicle ( MPV) atau hatchback sebaiknya menggunakan ban touring karena mampu menawarkan pengalaman berkendara yang tenang dan tidak berisik.

"Di samping itu, Anda juga harus melihat kualitas ban mulai dari ukuran, garis ban atau telapak, sampai teknologi yang digunakan. Sebisa mungkin, pilih yang punya grip maksimal di kondisi basah maupun kering," ujar dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.