Poin Sean Gelael Kandas Akibat Salah Strategi

Kompas.com - 30/11/2020, 10:42 WIB
Pebalap asal Indonesia, Sea Gelael, saat tampil pada rangkaian seri ke-11 Formula 2 di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Jumat (27/11/2020). Dok. Sean GelaelPebalap asal Indonesia, Sea Gelael, saat tampil pada rangkaian seri ke-11 Formula 2 di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Jumat (27/11/2020).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Laga Formula 2 di Bahrain menjadi pil pahit bagi Sean Gelael. Pebalap asal Indonesia dari tim DAMS tersebut gagal meraih poin di Race 2 atau Sprint Race F2, lantaran kesalahan strategi.

Akibatnya, Sean harus puas menyentuh garis finis pada urutan ke-14. Padahal sejak awal balap dimulai, pebalap Jagonya Ayam itu sudah cukup baik hingga menempati posisi kedelapan.

Kesempatan untuk mendapat poin pun cukup terjaga, namun seketika sirna ketika terjadi insiden antara Callum Illot dari UNI Virtuosi Racing dan Jehan Daruvala dari Carlin.

Baca juga: Sesi Latihan Sean Gelael di Sakhir Terkendala Masalah Teknis

Sean dan rekan satu timnya, Dick Ticktum, diminta untuk masuk ke pit dan melakukan pergantian ban setelah Virtual Safety Car (VSC) keluar mengurus insiden yang terjadi tersebut.

Sean Gelael saat berlaga di Sirkuit SakhirIstimewa Sean Gelael saat berlaga di Sirkuit Sakhir

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan anggapan ban hard lebih menguntungkan dibandingkan medium, Tim DAMS akhirnya memutusakan Sean dan rekannya menggunakan ban tersebut. Namun hal tersebut justru menjadi strategi yang salah.

Selepas pit stop, posisi Sean dan Ticktum melorot jauh. Mereka sulit beranjak naik karena kecepatan pebalap di delapan besar dengan ban hard rata-rata relatif sama dengan mereka yang kemudian pakai medium.

"Pit stop tidak berguna karena strategi kami salah. Saya tidak melihat masalah kami terselesaikan," ujar Sean dalam keterangan resminya, Minggu (29/11/2020).

Baca juga: Sean Gelael Siap Comeback di Formula 2, Berambisi Kejar Trofi

Sean GelaelFoto: Istimewa Sean Gelael

Pebalap Rusia, Robert Shwartzman (PREMA) memenangi Sprint Race. Dia ditemani rekan senegaranya, Nikita Mazepin (HitechGP), dan Louis Deletraz (Swiss/Charouz Racing) di podium. Seri terakhir Kejuaraan FIA Formula 2 2020 digelar pekan depan di tempat sama dalam tajuk Sakhir Grand Prix.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X