Tips Menjaga Agar Kampas Kopling Tetap Awet

Kompas.com - 29/11/2020, 13:01 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain karena usia pemakaian, kerusakan pada komponen kampas kopling mobil manual bisa juga disebabkan oleh cara berkendara seseorang.

Setiap orang mempunyai cara berkendara yang berbeda-beda, dan terkadang cara berkendara yang kurang pas bisa membuat usia pelat kopling bisa lebih cepat habis atau aus.

Jika cara berkendara ini sudah menjadi kebiasaan tentunya akan membuat perangkat ini harus diganti lebih cepat dari masa pemakaian rata-rata yakni 80.000 kilometer.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengemudi untuk menjaga keawetan kampas kopling, terutama pada mobil manual.

Yang pertama adalah ketika mengemudi sebaiknya kaki kiri tidak ditempelkan pada pedal kopling secara terus menerus.

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Hal ini karena, meski hanya sebatas menempel ternyata bisa berpengaruh terhadap kinerja kopling tersebut.

“Saat mengemudi kaki (kiri) jangan bersandar atau menempel di pedal kopling,” kata Didi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (28/11/2020).

Selain itu, Didi menambahkan, ketika berkendara terutama di jalur tanjakan usahakan agar tidak terlalu sering menggunakan setengah kopling.

“Minimalkan penggunaan setengah kopling saat melaju di tanjakan, untuk menahan mobil pengemudi bisa menggunakan hand rem atau rem tangan,” ucapnya.

Baca juga: Blokir STNK Segera Berlaku, Pelajari Regulasinya

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna. Menurutnya, ketika kaki kiri menempel pada pedal kopling maka bisa menyebabkan kopling merilis sekitar 20 persen.

satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.Ghulam/Otomania satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X