Ban Mobil Salah Satu Komponen Penentu Keselamatan

Kompas.com - 29/11/2020, 14:01 WIB
Porsche Macan menggunakan ban Michelin sebagai standar. PorschePorsche Macan menggunakan ban Michelin sebagai standar.
|

JAKARTA, KOMPAS.comBan punya tugas krusial. Berfungsi sebagai penahan beban, peredam guncangan, penerus fungsi kemudi, dan secara keseluruhan menunjang mobilitas.

Mochammad Fachrul Rozi, Customer Engineering Support Michelin Indonesia mengatakan, ban juga merupakan salah satu komponen penentu keselamatan berkendara.

Baca juga: Jangan Kurangi Tekanan Udara Ban Saat Hujan

"Ban satu- satunya komponen yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Karena itu keamanan berkendara sangat bergantung pada pilihan ban yang tepat dan berkualitas," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (29/11/2020).

Salah satu medan yang sulit dilalui oleh tim off road saat melakukan track ke desa desa terpencil di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (21/6/2020).KOMPAS.COM/IDON Salah satu medan yang sulit dilalui oleh tim off road saat melakukan track ke desa desa terpencil di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (21/6/2020).

Fachrul mengatakan, setiap kendaraan memiliki kebutuhan ban yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan berkendara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara umum terdapat tiga jenis ban, yaitu Highway Terrain (HT) yang digunakan untuk kebutuhan berkendara di jalan raya atau jalan beraspal dengan karakter kembangan yang halus.

Kedua All Terrain (AT), yaitu ban yang dirancang untuk digunakan di permukaan jalan beraspal (on road) maupun jalan tanah/kasar (off road) dengan ciri khas kembangan lebih kasar dan agresif.

Baca juga: Mengenal Bead Crack pada Ban Truk dan Penyebabnya

Ketiga Mud Terrain, adalah ban-ban untuk penggunaan kendaraan di jalanan kasar atau off road. Tapak ban jenis ini memiliki karakter khas karena berbentuk blok atau popular dengan istilah kembang tahu.

"Jika ban jenis ini digunakan di jalanan beraspal, akan menimbulkan bunyi dengung yang sangat kuat," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.