Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Mobil Salah Satu Komponen Penentu Keselamatan

Kompas.com - 29/11/2020, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBan punya tugas krusial. Berfungsi sebagai penahan beban, peredam guncangan, penerus fungsi kemudi, dan secara keseluruhan menunjang mobilitas.

Mochammad Fachrul Rozi, Customer Engineering Support Michelin Indonesia mengatakan, ban juga merupakan salah satu komponen penentu keselamatan berkendara.

Baca juga: Jangan Kurangi Tekanan Udara Ban Saat Hujan

"Ban satu- satunya komponen yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Karena itu keamanan berkendara sangat bergantung pada pilihan ban yang tepat dan berkualitas," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (29/11/2020).

Salah satu medan yang sulit dilalui oleh tim off road saat melakukan track ke desa desa terpencil di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (21/6/2020).KOMPAS.COM/IDON Salah satu medan yang sulit dilalui oleh tim off road saat melakukan track ke desa desa terpencil di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (21/6/2020).

Fachrul mengatakan, setiap kendaraan memiliki kebutuhan ban yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan berkendara.

Secara umum terdapat tiga jenis ban, yaitu Highway Terrain (HT) yang digunakan untuk kebutuhan berkendara di jalan raya atau jalan beraspal dengan karakter kembangan yang halus.

Kedua All Terrain (AT), yaitu ban yang dirancang untuk digunakan di permukaan jalan beraspal (on road) maupun jalan tanah/kasar (off road) dengan ciri khas kembangan lebih kasar dan agresif.

Baca juga: Mengenal Bead Crack pada Ban Truk dan Penyebabnya

Ketiga Mud Terrain, adalah ban-ban untuk penggunaan kendaraan di jalanan kasar atau off road. Tapak ban jenis ini memiliki karakter khas karena berbentuk blok atau popular dengan istilah kembang tahu.

"Jika ban jenis ini digunakan di jalanan beraspal, akan menimbulkan bunyi dengung yang sangat kuat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com