Performa Nissan Serena C27, Konsumsi BBM Tembus 16,1 Kpl

Kompas.com - 29/11/2020, 18:21 WIB
Test Drive Nissan Serena C27 Kompas.com/DioTest Drive Nissan Serena C27
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain unggul dari sisi kepraktisan, mesin Nissan Serena C27 ternyata cukup mumpuni dalam menghela bobot dan ukuran bodi yang terbilang besar.

Meski sektor performa bukan keunggulan mobil ini, dapur pacu Serena ternyata layak dapat apresiasi lebih.

Di atas kertas, Serena C27 mengusung mesin berkode MR20DD kapasitas 2.000 cc yang mampu hasilkan tenaga 150 dk dan torsi 200 Nm. Secara basis, mesin ini masih sama dengan yang diusung Serena C26.

Baca juga: Orang Indonesia Lebih Pilih Hybrid Ketimbang Mobil Listrik

Test Drive Nissan Serena C27Kompas.com/Dio Test Drive Nissan Serena C27

Namun entah mengapa, mobil ini menawarkan performa yang lebih baik. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memang mengklaim telah melakukan ubahan pada internal mesin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain sudah berstandar Euro4, kompresi mesin juga telah ditingkatkan menjadi 1:12,5, yang membuatnya wajib mengkonsumsi bahan bakar minimal RON 92.

Kemudian dari sisi transmisi turut berubah, kini Serena C27 mengusung Continously Variable Transmission (CVT), yang punya fitur terbaru yakni Adaptive Shift Control (ASC).

Baca juga: Lebih Fungsional, Honda City Hatchback dengan Aksesoris Modulo

Test Drive Nissan Serena C27Kompas.com/Dio Test Drive Nissan Serena C27

Fungsinya, melalui Transmission Control Unit (TCU) akan membaca gaya pengemudi.
Saat pengemudi menyetir agresif, maka TCU akan membaca gaya tersebut, dan akhirnya memberi input ke mesin agar lebih responsif.

Di samping itu, tersedia juga mode berkendara Eco, Normal, dan Sport. Fitur ini cukup berperan membuat mobil ini lincah dikemudikan saat berkendara luar kota, dan mampu menghemat bahan bakar saat di dalam kota.

Berdasarkan pengetesan kami, pada rute kombinasi dengan kecepatan rata-rata yang tercatat sekitar 43 kpj, konsumsi BBM Serena C27 menghasilkan 16,1 km per liter.

Sebuah angka konsumsi bahan bakar yang terbilang cukup irit untuk sebuah MPV 7 penumpang dengan mesin 2.000 cc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.