Sebelum Ban Kempis di Jalan, Belajar Dulu Cara Pakai Dongkrak

Kompas.com - 28/11/2020, 18:02 WIB
dongkrak mobil Kompas.com/Fathan Radityasanidongkrak mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian pecah ban saat mengendarai mobil bisa saja terjadi. Dalam kondisi tersebut, pemilik mobil disarankan bisa mengganti ban mobil sendiri.

Sebelumnya, harus tahu dulu di mana letak dongkraknya berada. Sebab, setiap jenis mobil atau berbeda pabrikan, kadang berbeda juga tempat menyimpan dongkrak.

Baca juga: Sudah Tahu Letak Dongkrak di Mobil?

Untuk setiap mobil baru, tiap produsen pasti akan melengkapinya dengan satu dongkrak. Sebab, hal tersebut sudah menjadi standar sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia.

Desain tumpuan sudah disesuaikan dengan kepala dongkrak agar tidak mudah bergeser.Febri Ardani Desain tumpuan sudah disesuaikan dengan kepala dongkrak agar tidak mudah bergeser.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, meletakkan dongkrak di bagian bawah mobil tidak bisa sembarangan. Dongkrak harus diletakkan di bagian tertentu.

"Kalau tipe sedan, biasanya di bagian rocker panel ada tandanya. Sebaiknya, setiap pemilik mobil membaca buku panduan pemilik kendaraan bermotor. Sebab, di situ sudah dijelaskan semuanya," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menjelaskan, rocker panel sendiri merupakan sisi mobil bagian bawah. Tepatnya, berada di sepanjang bagian bawah pintu mobil, mulai dari depan hingga belakang.

Baca juga: Dongkrak Mobil Jangan Asal Genjot, Harus pada Titik Tumpu

Jika sudah menemukan dongkrak, salah satu faktor penting lain yang wajib diketahui adalah menempatkan posisi titik tumpu pada mobil.

Dongkrak perlu diposisikan dengan benar untuk mengurangi kemungkinan mobil akan bergeser, merusak komponen lain, atau bahkan ambles. Sehingga, kerusakan lebih besar serta biaya yang mahal bisa dihindari.

Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).Febri Ardani Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).

"Posisi tumpuan dongkrak yang tepat ada pada sasis mobil, biasa disebut tulang kendaraan. Letaknya, biasanya di bagian sisi samping kanan atau kiri bawah. Cari bagian tumpuan yang agak tebal dan biasanya agak timbul," kata Didi.

Posisi titik tumpu dongkrak pada umumnya berada di area dekat ban. Setelah itu, baru gunakan dongkrak sesuai dengan petunjuk.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X