Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Cuek, Cari Tahu Posisi Dongkrak Mobil

Kompas.com - 03/06/2019, 15:24 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dongkrak mobil bisa dibilang sebagai alat bantu yang jarang dipakai. Beberapa pemilik mobil bahkan ada yang tidak pernah menggunakannya. Namun, sebelum mudik penting untuk mengetahui posisi penyimpanannya di dalam mobil.

Pasalnya, banyak kejadian ban bocor saat perjalanan mudik. Dalam keadaan darurat seperti itu, pengendara mobil terpaksa harus mengganti ban mobil sendiri.

Baca juga: Posisi Duduk Nyaman, Mudik Lebih Aman

Tentu proses penggantian ban serep akan menjadi lama jika lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencari-cari dongkrak. Akan semakin tidak nyaman jika hal tersebut terjadi saat dini hari.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, menjelaskan "Tempat dongkrak yang umum sekarang ada yang di bawah jok kursi depan penumpang dan ada yang di bagasi atau kompartemen bagian belakang kendaraan."

Tempat menyimpan dongkrak mobil juga tidak selalu sama dengan ban serep. Ada mobil yang menyimpan ban serep di bagian bawah bagasi, namun dongkraknya ada di bawah jok kursi depan penumpang.

Baca juga: Pesan Bos Nissan Buat yang Mudik Pakai LCGC

"Ada yang tempat menyimpannya di samping belakang kanan bagasi belakang. Beberapa mobil juga ada yang menyimpannya berdekatan dengan ban serep, di ruang bagasi," jelas Imam, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dengan mengetahui posisi tempat menyimpan dongkrak, tentu akan mempercepat proses penggantian ban serep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com