Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Penting Peran Rem Tangan Saat Parkir Mobil?

Kompas.com - 28/10/2020, 06:38 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terkesan sepele parkir mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab parkir harus dalam kondisi aman supaya mobil tidak berubah posisi.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menyarankan, selama parkir sebaiknya mengunakan rem tangan atau parking brake agar posisi mobil tidak berubah.

Baca juga: Raffi Ahmad Jadi Duta Tim MotoGP Indonesia

“Sebaiknya saat parkir tetap menggunakan rem tangan agar mobil lebih aman dan tidak bergerak karena ditahan oleh rem tersebut,” kata Suparna saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Ilustrasi tuas rem tanganStanly/KompasOtomotif Ilustrasi tuas rem tangan

Sebab di lapangan selain menggunakan rem tangan ada juga orang yang lebih memilih memasukan gigi perseneling saat parkir agar mobil tidak bergerak.

Menurut Suparna, banyak masyarakat yang enggan untuk menggunakan rem tangan lantaran takut akan berpengaruh atau merusak komponen rem tangan.

“Kalau terlalu lama memang bisa menyebabkan macet, tetapi kalau tidak terlalu lama tidak menjadi masalah,” kata Suparna.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi mengatakan, rem tangan baru tidak disarankan jika memarkir mobil dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Mobil Parkir dengan Posisi Ban Depan Tak Lurus, Power Steering Bisa Rusak?

Bambang mengatakan, jika rem tangan aktif dalam jangka waktu yang lama, kampas rem bisa menekan brake drum dan lama kelamaan akan lengket.

Seorang tukang ganjal mengganjal ban mobil pemudik yang tidak kuat melintas pada arus balik H+2 Lebaran di Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019).ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI Seorang tukang ganjal mengganjal ban mobil pemudik yang tidak kuat melintas pada arus balik H+2 Lebaran di Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019).

Mobil yang sudah diparkir lama umumnya sudah terjadi adhesi, jadi kampas rem gampang melekat pada brake drum. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya potensi lengket,” katanya.

Jika kampas rem sudah terlanjur melekat maka proses pelepasannya membutuhkan waktu. Beberapa orang biasanya memaksa mobil untuk jalan maju mundur berulang-ulang sampai rem tak lagi menempel.

Jika memang ada rencana memarkir mobil dalam waktu lama maka sebaiknya parkir di tempat yang rata. Kemudian agar posisi mobil tidak bergerak ganjal roda bisa dengan kayu atau batu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com