Honda Mulai Uji Coba Fairing Baru pada RC213V

Kompas.com - 20/11/2020, 08:22 WIB
Stefan Bradl saat berlaga di MotoGP LE Mans. (Photo by LLUIS GENE / AFP) LLUIS GENEStefan Bradl saat berlaga di MotoGP LE Mans. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada kata istirahat bagi Stefan Bradl. Test rider Honda ini baru saja melakukan pengetesan pada RC213V di Jerez, Spanyol.

Setelah dua pekan berturut-turut balapan di Sirkuit Valencia, Spanyol, Bradl langsung lanjut menjalani sesi tes selama dua hari di Jerez. Padahal, pekan ini dia juga akan balapan lagi di MotoGP Portugal.

Baca juga: Meski Tak Kompetitif, Stefan Bradl Masih Jadi Andalan HRC

Di Jerez, Bradl tidak sendiri, melainkan bersama 11 pebalap lainnya dari World Superbike. Di sini, Honda terlihat menggunakan fairing baru pada RC213V.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Now Moto (@nowmotonews)

Dikutip dari Speedweek.com, Honda terlihat menggunakan fairing dengan satu sayap di kiri dan kanan. Selain itu, fairing berikutnya menggunakan dua sayap bertingkat seperti biasanya, tapi dengan desain yang sedikit berbeda.

Pada bagian intake juga mengalami revisi. Lubang intake yang ada di depan fairing bentuknya mirip sekali dengan YZR-M1.

Fairing dengan sayap atau yang sebelumnya biasa disebut dengan winglet, berperan penting dalam MotoGP sekarang ini. Perangkat aerodinamika tersebut membantu ban depan mendapat traksi lebih baik dan meningkatkan kelincahan motor.

Baca juga: Bradl Puji Alex Marquez Bisa Taklukkan Honda RC213V

Makin besar tekanan yang dihasilkan oleh winglet, maka makin besar pula grip ban depan dan risiko wheelie juga berkurang. Tapi di sisi lain, motor jadi sedikit lebih lambat karena lebih banyak bidang yang terhambat angin.

Jadi, sangat penting untuk mendapatkan keseimbangan antara grip dan kecepatan. Gaya balap dari pebalap pun juga berpengaruh.

Sayangnya, seperti biasa, Bradl dan Honda tidak membeberkan hasil pengetesan yang mereka lakukan di Jerez.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X