Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Mulai Uji Coba Fairing Baru pada RC213V

Kompas.com - 20/11/2020, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada kata istirahat bagi Stefan Bradl. Test rider Honda ini baru saja melakukan pengetesan pada RC213V di Jerez, Spanyol.

Setelah dua pekan berturut-turut balapan di Sirkuit Valencia, Spanyol, Bradl langsung lanjut menjalani sesi tes selama dua hari di Jerez. Padahal, pekan ini dia juga akan balapan lagi di MotoGP Portugal.

Baca juga: Meski Tak Kompetitif, Stefan Bradl Masih Jadi Andalan HRC

Di Jerez, Bradl tidak sendiri, melainkan bersama 11 pebalap lainnya dari World Superbike. Di sini, Honda terlihat menggunakan fairing baru pada RC213V.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Now Moto (@nowmotonews)

Dikutip dari Speedweek.com, Honda terlihat menggunakan fairing dengan satu sayap di kiri dan kanan. Selain itu, fairing berikutnya menggunakan dua sayap bertingkat seperti biasanya, tapi dengan desain yang sedikit berbeda.

Pada bagian intake juga mengalami revisi. Lubang intake yang ada di depan fairing bentuknya mirip sekali dengan YZR-M1.

Fairing dengan sayap atau yang sebelumnya biasa disebut dengan winglet, berperan penting dalam MotoGP sekarang ini. Perangkat aerodinamika tersebut membantu ban depan mendapat traksi lebih baik dan meningkatkan kelincahan motor.

Baca juga: Bradl Puji Alex Marquez Bisa Taklukkan Honda RC213V

Makin besar tekanan yang dihasilkan oleh winglet, maka makin besar pula grip ban depan dan risiko wheelie juga berkurang. Tapi di sisi lain, motor jadi sedikit lebih lambat karena lebih banyak bidang yang terhambat angin.

Jadi, sangat penting untuk mendapatkan keseimbangan antara grip dan kecepatan. Gaya balap dari pebalap pun juga berpengaruh.

Sayangnya, seperti biasa, Bradl dan Honda tidak membeberkan hasil pengetesan yang mereka lakukan di Jerez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com