Nama Truk di Jalan Enggak Cuma Tronton, Ada Juga Trintin dan Trinton

Kompas.com - 16/11/2020, 09:42 WIB
Sektor logistik PT Isuzu Astra Motor IndonesiaSektor logistik

JAKARTA, KOMPAS.comTruk merupakan kendaraan niaga yang memiliki fungsi utama  mengangkut muatan. Bagi masyarakat umum, biasanya hanya mengenal dengan truk yang biasa disebut tronton dengan ukurannya besar.

Namun ternyata, truk sendiri memiliki namanya masing-masing. Penamaan truk ini berdasarkan dari konfigurasi sumbu dan jumlah roda.

Instruktur Project Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Thomas A. Wijanarka mengatakan, istilah truk yang pertama yaitu truk engkel. Truk engkel sendiri terbagi jadi dua, engkel tunggal dan double.

Baca juga: Juara Dunia, Joan Mir Catatkan Sejarah Ikuti Kenny Robert Jr dan Kevin Schwantz

Jenis trukPT Isuzu Astra Motor Indonesia Jenis truk

“Truk engkel tunggal memiliki empat ban atau dua axle. Tunggal atau double itu tergantung dari ban belakangnya. Jika ban belakangnya double, maka jadi truk engkel double,” ucap Thomas dalam Webinar Basic Truck Bersama Isuzu, Jumat (13/11/2020).

Kemudian jika truk memiliki tiga axle, tetapi ada dua di bagian depan, disebut dengan trintin. Sedangkan truk tiga axle dan dua di belakang, disebutnya tronton.

“Kalau ada empat axle, dua di depan dan dua di belakang, disebutnya dengan trinton,” kata Thomas.

Baca juga: Valentino Rossi Bicara Soal Joan Mir, Pantaskah Jadi Juara?

Istilah nama ini baru pada truk rigid. Sedangkan untuk truk penarik atau tractor head, terbagi menjadi dua, truk trailer engkel dan truk trailer tronton.

“Truk penarik dua axle disebut dengan truk trailer engkel. Kemudian yang tiga axle, disebut dengan truk trailer tronton,” kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X