Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Truk di Jalan Enggak Cuma Tronton, Ada Juga Trintin dan Trinton

Kompas.com - 16/11/2020, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTruk merupakan kendaraan niaga yang memiliki fungsi utama  mengangkut muatan. Bagi masyarakat umum, biasanya hanya mengenal dengan truk yang biasa disebut tronton dengan ukurannya besar.

Namun ternyata, truk sendiri memiliki namanya masing-masing. Penamaan truk ini berdasarkan dari konfigurasi sumbu dan jumlah roda.

Instruktur Project Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Thomas A. Wijanarka mengatakan, istilah truk yang pertama yaitu truk engkel. Truk engkel sendiri terbagi jadi dua, engkel tunggal dan double.

Baca juga: Juara Dunia, Joan Mir Catatkan Sejarah Ikuti Kenny Robert Jr dan Kevin Schwantz

Jenis trukPT Isuzu Astra Motor Indonesia Jenis truk

“Truk engkel tunggal memiliki empat ban atau dua axle. Tunggal atau double itu tergantung dari ban belakangnya. Jika ban belakangnya double, maka jadi truk engkel double,” ucap Thomas dalam Webinar Basic Truck Bersama Isuzu, Jumat (13/11/2020).

Kemudian jika truk memiliki tiga axle, tetapi ada dua di bagian depan, disebut dengan trintin. Sedangkan truk tiga axle dan dua di belakang, disebutnya tronton.

“Kalau ada empat axle, dua di depan dan dua di belakang, disebutnya dengan trinton,” kata Thomas.

Baca juga: Valentino Rossi Bicara Soal Joan Mir, Pantaskah Jadi Juara?

Istilah nama ini baru pada truk rigid. Sedangkan untuk truk penarik atau tractor head, terbagi menjadi dua, truk trailer engkel dan truk trailer tronton.

“Truk penarik dua axle disebut dengan truk trailer engkel. Kemudian yang tiga axle, disebut dengan truk trailer tronton,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com