Penggemar Motor Mirip Harley Ada Banyak di Indonesia

Kompas.com - 09/11/2020, 19:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor cruiser identik dengan sosok Harley-Davidson. Sehingga motor dengan kubikasi yang lebih kecil tapi mengusung gaya dan mesin serupa disebut H-D wannabe.

Walau ada sebutan bernada negatif, Steven Kentjana Direktur PT Benelli Motor Indonesia (BMI), mengatakan, penggemar motor cruiser bermesin kecil cukup banyak di Indonesia.

Tak ayal melihat animo yang besar tersebut, pihaknya kemudian meluncurkan Keeway V250 Fi di Indonesia yang notabene merupakan merek asal Hongaria.

Baca juga: Yamaha Rancang Motor dengan Turbocharger

Benelli Patagonian EagleIstimewa Benelli Patagonian Eagle

"Rupanya peminat H-D wannabe itu bukan ada lagi tapi banyak. Mereka mungkin tidak bisa punya H-D betulan karena terlalu atas, mereka mau H-D, ini opsinya," kata Steven belum lama ini.

Salah satu tolok ukur pasar cuiser kecil ada dan tetap eksis, yaitu dapat dilihat dari sepak terjang model-model Benelli yang sudah meluncur, seperti Benelli Patagonian Eagle dan Motobi 200.

Alasan lain Benelli membawa Keeway V250 Fi karena pemain di segmen ini tidak banyak. Beberapa merek yang bisa ditemui di pasar saat ini ialah Benelli Patagonian, Keeway V250 Fi dan SM Sport V16.

Baca juga: Kementerian ESDM Tetapkan 3 Tipe Colokan Mobil Listrik di SPKLU

Benelli Patagonian Eagle Retro Modern BobberKatros Garage Benelli Patagonian Eagle Retro Modern Bobber

Meski demikian, Steven mengatakan awalnya enggan meluncurkan cruiser kecil bermesin V-Twin. Karena citra mesin V-Twin sangat khas H-D dan takut pemakainya dirundung di jalan.

"Sebagai ATPM kami harus terus eksis dan konsisten, saya semangat kalau bertemu komunitas, mereka bilang Benelli jangan seperti merek yang lain, dan tidak pungkiri karena ada kompetitor," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.