Kapan Sistem Quick Shifter CBR250RR SP QS Berfungsi dan Tidak?

Kompas.com - 09/11/2020, 18:21 WIB
Honda CBR250RR SP Quick Shifter KOMPAS.com/GilangHonda CBR250RR SP Quick Shifter

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda CBR250RR SP Quick Shifter (QS) merupakan motor 250cc dua silinder pertama yang menggunakan fitur quick shifter. Sistem ini memungkinkan pergantian gigi naik dan turun dengan sangat cepat tanpa menggunakan kopling.

Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi pengendara motor yang senang akan sensasi balap. Ketika menaikan gigi, tidak perlu menarik tuas kopling dan menutup gas. Begitu juga saat menurunkan gigi, tinggal fokus pada pengereman.

Fitur quick shifter di CBR250RR SP QS ini memiliki empat mode. Untuk naik-turun, naik saja, turun saja, dan mati. Technical Service Function Wahana Makmur Sejati, Wahyu Budhi akan menjelaskan kapan sistem ini berfungsi atau tidak.

Baca juga: Menanti Motor Baru Honda Pekan Depan, All New Scoopy?

Honda CBR250RR SP Quick Shifter KOMPAS.com/Gilang Honda CBR250RR SP Quick Shifter

“Sistem ini tidak berfungsi saat menaikkan gigi dengan gas tangan tidak diputar,” ucap Wahyu dalam acara Workshop Online Bedah Teknologi CBR250RR Quick Shifter, Senin (9/11/2020).

Kemudian sistem ini baru berfungsi saat kecepatan mesin lebih dari 1.500 rpm pada naik gigi atau lebih dari kecepatan stasioner pada turun gigi. Jika handel kopling ditarik, quick shifter tidak berfungsi.

Baca juga: Alasan Alex Rins Posisi Ketiga Klasemen Meski Poinnya Sama Quartararo

“Jika ada tanda ‘–‘ di indikator posisi gigi, sistem quick shifter tidak berfungsi. Jika sistem ini tidak berfungsi normal, pengendara tetap dapat menggunakan kopling untuk memindahkan gigi,” kata Wahyu.

Wahyu mengatakan, jika lampu indikator kesalahan fungsi PGM-FI menyala atau posisi gigi berkedip “-“ saat sedang masuk gigi, maka sistem quick shifter mungkin tidak bekerja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X