Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Skenario Joan Mir Bisa Raih Juara Dunia di MotoGP Valencia

Kompas.com - 09/11/2020, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai menjadi juara di MotoGP Eropa, Joan Mir kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2020. Tambahan 25 poin, membuatnya berada di urutan teratas dengan total 162 poin.

Mir saat ini unggul 37 poin dari dua pesaing terdekatnya, yaitu Alex Rins rekan setimnya dan Fabio Quartararo pebalap Petronas Yamaha.

Ajang MotoGP musim ini pun tinggal menyisakan dua seri, yakni MotoGP Valencia pada 15 November mendatang dan MotoGP Portugal pada 22 November 2020.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Posisi Joan Mir Makin Aman

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan podium juara pada seri MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020) malam WIB.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan podium juara pada seri MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020) malam WIB.

Pada seri pekan depan, Mir bisa mengunci gelar juara asalkan mampu finis di posisi pertama atau kedua, entah Rins dan Quartararo finis berapa.

Jika poin Rins bertambah 25 poin jadi 187 poin usai MotoGP Valencia mendatang, Rins atau Quartararo tak akan mampu mengejar angka tersebut sampai balap terakhir di MotoGP Portugal.

Sementara itu, jika pada balap mendatang yang menjadi juara adalah Rins atau Quartararo, dan salah satunya mengoleksi 150 poin. Artinya, Mir cukup finis di tempat ketiga karena dia sudah mendapatkan 178 poin.

Baca juga: Alasan Alex Rins Posisi Ketiga Klasemen Meski Poinnya Sama Quartararo

Joan Mir saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna@joanmir36official Joan Mir saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna

Lain halnya jika Maverick Vinales yang menang dan mendapat 146 poin, Mir bahkan hanya perlu finis di tempat kelima untuk mengunci gelarnya.

Dengan performa yang sedang on fire, rasanya akan mudah bagi Mir meraih podium di MotoGP Valencia 2020.

Apalagi dalam tujuh balapan terakhir, Mir hanya sekali gagal podium, tepatnya pada MotoGP Perancis yang dihelat 11 Oktober lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com