Sedan Bekas Rp 50 Jutaan, Dapat Toyota Soluna hingga Suzuki Baleno

Kompas.com - 04/11/2020, 14:41 WIB
Ilustrasi Toyota Soluna Dok. Otomotif GroupIlustrasi Toyota Soluna
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mencari mobil bekas usia lawas memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Di satu sisi, kita mendapatkan unit berharga murah dan model yang masih keren, serta tidak ketinggalan zaman.

Namun di sisi lainnya, kita bakal dihadapkan biaya perawatan yang membengkak hingga penyakit bawaan mobil yang sulit disembuhkan. Bahkan di beberapa daerah, tak sedikit juga yang kesulitan mencari spare part.

Meski demikian, sedan bekas usia lawas memang masih cukup diminati lantaran memiliki daya tahan yang cukup baik hingga kini.

Baca juga: Bus Tingkat Terbaru Ramaikan Transjawa, PO Laju Prima dan Murni Jaya

Honda Accord Maestro yang akan dipamerkan dalam gelaran Honda Day 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (13/5/2018). Mobil ini diketahui hanya jadi pajangan di rumah sejak 27 tahun terakhir.Kompas.com/Alsadad Rudi Honda Accord Maestro yang akan dipamerkan dalam gelaran Honda Day 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (13/5/2018). Mobil ini diketahui hanya jadi pajangan di rumah sejak 27 tahun terakhir.

Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, mobil bekas di bawah Rp 100 juta merupakan segmen yang paling banyak diminati.

Dan umumnya, mobil-mobil di rentang harga ini sudah berusia sekitar 10 tahun sampai 20 tahun, bahkan lebih.

“Mobil kebanyakan bisa langsung dipakai tanpa perlu banyak perbaikan. Tapi harus tetap waspada, terutama bagian bodi,” ujar Herjanto, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jangan Biasakan Isi Tangki Bensin Motor Sering Kurang dari Setengah

Ilustrasi Suzuki Baleno generasi pertamanewspress.co.uk Ilustrasi Suzuki Baleno generasi pertama

Herjanto mengatakan, apabila menemui mobil dengan bodi yang berkarat bahkan keropos, lebih baik tinggalkan.

Pasalnya komponen bodi merupakan salah satu bagian yang sulit diperbaiki dan sulit dicari ketersediaannya.

Sementara komponen mesin dan kaki-kaki, umumnya relatif lebih mudah ditemukan di pasaran. Sehingga lebih mudah untuk diperbaiki.

Baca juga: Muat 7 Penumpang, Ini MPV Bekas Harga Rp 50 Jutaan

Toyota Great Corolla sampai kini masih banyak penggemarnyaGridOto.com Toyota Great Corolla sampai kini masih banyak penggemarnya

Berikut ini pilihan sedan bekas Rp 50 jutaan dari situs jual beli online:

- Toyota Soluna 2003: Rp 40 jutaan – Rp 50 jutaan
- Toyota Great Corolla 1994: Rp 50 jutaan – Rp 60 jutaan
- Honda Accord Maestro 1993: Rp 40 jutaan – Rp 50 jutaan
- Suzuki Baleno 2001: Rp 40 jutaan – Rp 50 jutaan
- Ford Focus 2005: Rp 50 jutaan – Rp 60 jutaan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X