Jangan Biasakan Isi Tangki Bensin Motor Sering Kurang dari Setengah

Kompas.com - 03/11/2020, 19:10 WIB
Tangki bahan bakar Yamaha R25 Pakai ?Kondom?. Febri ArdaniTangki bahan bakar Yamaha R25 Pakai ?Kondom?.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik motor yang tidak tahu bagaimana merawat motornya dengan baik dan benar. Contohnya, komponen tangki bahan bakar, banyak orang menyepelekannya.

Padahal, komponen yang satu ini termasuk ke dalam komponen yang vital sebab bertugas untuk menampung bahan bakar. Jika sampai ada kebocoran, dampaknya bisa terjadi kebakaran pada motor.

Baca juga: Motor Sering Terjang Hujan, Tangki Harus Rutin Dikuras?

Perawatan yang bisa dilakukan juga tidak sulit dan merepotkan. Pemilik motor hanya disarankan untuk menjaga volume bahan bakar minimal setengah terisi.

Tangki bensin motorStanly/Otomania Tangki bensin motor

"Secara prosedural tidak ada anjuran khusus untuk menjaga isi tangki bahan bakar tidak sampai kurang dari setengah. Namun, setelah ditelaah ada beberapa hal yang bisa dicermati," ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Pelatihan Teknis PT Daya Adicipta Motora (DAM), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ade menjelaskan, tangki bahan bakar yang diisi penuh dengan bensin akan membantu sistem pendinginan. Sehingga fuel pump atau pompa bensin menjadi lebih awet.

Baca juga: Begini Cara Tambal Tangki Motor yang Bocor Pakai Sabun Mandi

"Tangki bensin yang memiliki banyak ruang akan membuat udara di dalamnya lebih mudah mengalami kondensasi atau pengembunan sehingga pembakaran motor tidak akan sempurna karena bercampur dengan air hasil kondensasi tersebut," kata Ade.

Menurut Ade, kekosongan ruang di dalam tangki akan mengakibatkan adanya tempat berkumpulnya udara. Apabila terkena dingin, udara akan berubah jadi uap.

"Hal itu menyebabkan terjadinya korosi di dalam tangki bahan bakar sehingga tangki menjadi mudah keropos dan mengalami kebocoran," ujar Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.