Ingat Pentingnya Pakai Sabuk Pengaman Saat Mengemudi

Kompas.com - 04/11/2020, 11:22 WIB
ganti seat belt Kompas.com/Fathan Radityasaniganti seat belt

JAKARTA, KOMPAS.comSabuk pengaman sifatnya wajib bagi pengemudi. Piranti keselamatan wajib ini diciptakan untuk mengurangi efek cedera saat mengalami kecelakaan. Namun, masih ada saja yang menyepelekan alat keselamatan tersebut.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, orang yang menyepelekan fungsi sabuk pengaman biasanya belum tahu kegunaan dan dampak yang terjadi bila tidak mengenakannya.

“Kalau mereka tahu bahwa safety belt dapat menahan badan kita dari menabrak dasbor, kemudi, dan windshield saat tabrakan, pasti mereka akan selalu menggunakannya,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Diskon Mobil Murah November Ini, Honda Brio Tembus Rp 20 Juta

seat beltgahighwaysafety.org seat belt

Marcell menambahkan, safety belt juga sudah terbukti menyelamatkan nyawa saat tabrakan frontal terjadi. Jikalau percaya pada, seharusnya pengemudi dan penumpang sudah tahu betapa pentingnya sabuk pengaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, masih sering terlihat juga pengemudi yang hanya mengalungkan bagian atas sabuk pengaman. Biasanya yang seperti ini dilakukan hanya karena takut kena tilang polisi karena tidak memakai sabuk pengaman.

Baca juga: Honda Vario 125 CBS Berubah Lebih Jantan, Bisa Libas Segala Medan

Padahal jika hanya mengalungkan safety belt bagian atas, tidak punya fungsi keamanan apalagi keselamatan. Seperti yang dialami oleh murid dari Marcell yang mengalami tabrakan namun hanya mengalungkan safety belt bagian atas.

“Yang terjadi, dia merosot ke depan dan dengkulnya menabrak dasbor, akhirnya harus ganti tempurung, kurang lebih butuh enam bulan untuk penyembuhannya,” kata Marcell.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X