Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indikator Bensin Motor Berkedip, Sisa Berapa Liter di Tangki?

Kompas.com - 29/07/2020, 07:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pengendara sepeda motor yang malas mengisi bensin, meskipun indikatornya sudah berkedip. Alasannya bisa karena malas berhenti atau tak mau antre jika pom bensin sedang ramai.

Tapi, tak banyak yang tahu berapa sisa bensin di tangki saat indikatornya sudah berkedip. Alhasil, motor menjadi mogok saat kehabisan bensin.

Baca juga: Lampu Indikator Bensin Menyala, Sisa Berapa Liter di Tangki?

Pada motor lawas yang masih menggunakan karburator, terdapat cadangan bahan bakar yang tersimpan di RES (reservoir).

Tangki bensin motorStanly/Otomania Tangki bensin motor

Saat motor kehabisan bensin, pengendara bisa memindahkan posisi keran ke RES dan bensin cadangan bisa digunakan.

"Kalau di Satria FU, sekitar 0,8 liter. Tapi, kembali lagi setiap motor berbeda-beda," ujar Riecky Patrayudha, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Isi Bensin Motor Jangan Sampai Luber, Ada Batasnya

Berbeda dengan motor yang masih menggunakan karburator, pada motor injeksi sudah tidak ada lagi RES untuk menyimpan bensin cadangan. Sebab, tangki bensin sudah tidak menggunakan keran lagi, melainkan langsung disedot oleh fuel pump.

Bagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan.Donny Apriliananda Bagasi pada sepeda motor semakin menjadi kebutuhan.

"Pada motor matik atau skutik, jika indikator bensin sudah berkedip, sisa bensinnya sekitar 0,6 liter. Tapi, untuk motor sport perkiraan 0,8 liter sampai 1 liter," kata Herman.

Sementara untuk jarak yang bisa ditempuh saat indikator bensin mulai berkedip, tergantung dari banyak faktor, seperti cara berkendara, kondisi jalan, dan beban yang dibawa oleh motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com