XSR155 Mulai Saingi Popularitas Scorpio buat Bahan Motor Custom

Kompas.com - 01/11/2020, 13:41 WIB
Motor custom Yamaha XSR155 bergaya scrambler garapan K-Speed bikeexif.comMotor custom Yamaha XSR155 bergaya scrambler garapan K-Speed
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia modifikasi roda dua sangat luas. Meski demikian ada beberapa motor yang cukup favorit dijadikan bahan buat custom. Jika sebelumnya Yamaha Scorpio kini mulai beralih ke XSR155.

Rizky Pratama, builder dari Lemb Inc, mengatakan, XSR155 mulai mencuri tempat konsumen karena tampilannya memang sudah dekat dengan dunia custom.

”XSR155 memiliki kesan bahwa motor ini terinspirasi dari desain motor lawas tetapi dilengkapi fitur modern, ini adalah alasan kuat konsumen yang mengerti dan peka akan styling atau desain motor," kata Rizky dalam rilis resmi Yamaha, Jumat (30/10/2020).

Baca juga: 3 Motor Klasik Favorit buat Bahan Modifikasi

Yamaha XSR155 bergaya flat tracker garapan Katros GarageDok. Katros Garage Yamaha XSR155 bergaya flat tracker garapan Katros Garage

Rizky mengatakan, mayoritas yang tertarik dengan XSR155 dan kemudian memodifikasi motornya karena terpengaruh pergaulan.

"Lingkaran pergaulan itu akhirnya mempengaruhi orang untuk membeli XSR155, termasuk juga dari jaringan pergaulan di media sosial,” katanya.

Meski demikian custom XSR155 saat ini belum seekstrem Scorpio. Sedangkan aplikasi Scorpio di dunia custom sangat lebar mulai dari chopper sampai scrambler hingga gaya lainnya.

Motor custom Yamaha XSR155 di Thailand International Motor Expo 2019 di BangkokKompas.com/Donny Motor custom Yamaha XSR155 di Thailand International Motor Expo 2019 di Bangkok

Didit Adityawan, builder Newspeed Garage, mengatakan, tampilan XS155 memang cukup mudah untuk dimodifikasi. Setidaknya untuk tiga gaya yang biasa di dunia custom, yaitu cafe racer, tracker dan scrambler.

Didit mengatakan, Untuk berubah jadi cafe racer, tinggal ganti setang model clubman atau clip-on. Selain itu, mengganti jok dengan model buntut tawon atau hornet.

"Bagian hornet juga bisa pakai pelat atau fiber, jadi lebih kental aura balapnya," ujar Didit kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini 3 Motor 2-Tak yang Paling Banyak Direstorasi

Motor custom Yamaha XSR155 di Thailand International Motor Expo 2019 di BangkokKompas.com/Donny Motor custom Yamaha XSR155 di Thailand International Motor Expo 2019 di Bangkok

Untuk model tracker atau scrambler, bisa aplikasikan ban off road atau dual purpose. Selanjutnya, agar handling motor lebih baik lagi, bisa ganti dengan setang yang lebih lebar.

"Khusus untuk scrambler, bisa ganti knalpotnya. Jadi pipa leher knalpotnya lewat atas, antara kaki dan mesin," kata Didit.

Street Art Custom ( SAC) juga melihat hal tersebut. Saat XSR155 baru meluncur, bengkel kustom asal Depok, Jawa Barat itu langsung membuat beberapa parts aksesori untuk modifikasi ringan.

Ada beberapa item yang ditawarkan. Semua tinggal pakai alias bolt on sehingga tidak merusak motor, meliputi under tank cover, side panel, spatbor depan, knalpot, lowering kit, dan bracket foot step.

 

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X