Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Puncak Padat, Didominasi Kendaraan Pelat B

Kompas.com - 30/10/2020, 11:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengingatkan semua pengguna jalan di sepanjang jalur Puncak untuk berhati-hati dan memperhatikan kondisi kendaraan yang digunakan.

Pasalnya, curah hujan yang tinggi saat ini bisa memicu persoalan seperti pohon tumbang di kiri dan kanan jalan, terbatasnya jarak pandang imbas kabut, sampai longsor.

"Beberapa titik di jalur Puncak ada yang rawan terjadi hal tersebut. Jadi tetap berhati-hati," kata Sekretaris BPBD Cianjur Mokhamad Irfan Sofyan kepada Kompas.com, Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Cara Mencegah Kampas Kopling Terbakar di Jalan Menanjak

Kendaraan pribadi memadati kawasan Puncak Bogor, Jawa BaratKOMPAS.com/AFDHALUL IKHSAN Kendaraan pribadi memadati kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat

"Kemudian saat hujan lebat sebaiknya menepi dulu, terutama pengendara roda dua karena jarak pandang juga terbatas," lanjutnya.

Disebutkan, beberapa titik rawan longsor dan pohon tumbang terdapat di daerah Cugenang, Cibeureum, Ciloto, dan Puncak Pass. Sementara itu, volume pengunjung atau kendaraan ke kawasan Puncak sendiri saat ini mengalami lonjakan menyusul libur panjang cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selama dua hari periode libur panjang, menurut pantauan Kompas.com di kawasan Puncak Pass, Kamis (29/10/2020), volume kendaraan mulai meningkat yang didominasi kendaraan berpelat B atau dari DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Persiapan Arus Balik, Kendaraan Niaga Dilarang Masuk Tol Japek

 

Sebuah kendaraan truk melintas jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat. Jelang libur panjang akhir pekan ini kendaraan besar dilarang melintasi jalur tersebut.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sebuah kendaraan truk melintas jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat. Jelang libur panjang akhir pekan ini kendaraan besar dilarang melintasi jalur tersebut.

Bahkan, pihak kepolisian telah menerapkan sistem satu jalur untuk memecah kepadatan menuju puncak.

Adapun peningkatan jumlah pengunjung juga terjadi di kawasan wisata Kebun Raya Cibodas (KRC).

"Hari ini mulai ada peningkatan jumlah pengunjung. Puncaknya diperkirakan Sabtu-Minggu, diprediksi naik 60 persen dari biasanya," kata General Manager Kebun Raya Cibodas Teguh Dwiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com