Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Lembang Selama Libur Panjang

JAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran Satlantas Polres Cimahi mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas di beberapa simpul kemacetan objek wisata sekitar Lembang, Jawa Barat jelang libur panjang, cuti bersama pada 28 Oktober - 1 November 2020.

Melalui keterangan tertulis, salah satu langkah yang diambil ialah memasang water dan rubber cone di depan Farm House dan simpang Beatrix. Lembang, KBB.

"Kita mulai melakukan persiapan untuk antisipasi lonjakkan lalu lintas selama libur panjang. Kita pasang water barrier untuk kanalisasi arus di Lembang," ujar KBO Satlantas Polres Cimahi, Iptu Erin Heriduansyah, Selasa (27/10/2020).

Bersamaan dengan itu, pihak Satlantas juga akan menerjunkan 80 personel yang disebar di beberapa titik termasuk pintu masuk objek wisata mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan.

“80 personel yang akan difokuskan di Lembang, nanti akan disebar termasuk di kawasan objek wisata. Tapi ada juga personel yang ditempatkan di Cimahi dan Padalarang,” kata Erin.

Ia memprediksi wisatawan baru mulai masuk ke kawasan wisata Lembang pada hari pertama libur panjang. Wisatawan yang datang kebanyakan berasal dari Jakarta, Karawang, Bekasi, dan daerah lain yang berada di sekitarnya.

“Kemungkinan wisatawan baru akan tiba di Lembang hari pertama libur panjang. Kalau besok belum, mungkin baru persiapan memulai perjalanan,” ujar dia.

Jika terjadi penumpukan kendaraan wisatawan, Satlantas Polres Cimahi bakal menerapkan cara bertindak rekayasa lalulintas seperti oneway. Namun penerapannya bergantung pada kondisi kendaraan di jalan raya alias situasional.

“Kalau ada penumpukan biasanya langsung kita lakukan penarikan kendaraan ke atas atau sebaliknya, tergantung pada kondisi di lapangan,” tandas Erin.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/28/072200115/polisi-siapkan-rekayasa-lalu-lintas-di-lembang-selama-libur-panjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke