Modifikasi Audio Mobil, Gimana Caranya Agar Garansi Tak Gugur?

Kompas.com - 24/10/2020, 18:07 WIB
Masih banyak yang ragu, apakah memodifikasi audio mobil dapat menggugurkan garansi? GridOto.com/IanMasih banyak yang ragu, apakah memodifikasi audio mobil dapat menggugurkan garansi?
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Berkendara sambil mendengarkan musik jadi kegiatan yang lazim dilakukan warga perkotaan. Namun kondisi audio bawaan pabrik yang kurang mumpuni, membuat hobi mendengarkan alunan musik jadi kurang sempurna.

Tak heran jika sebagian pemilik mobil melakukan modifikasi pada audio bawaan pabrik. Biasanya mereka mengganti head unit, speaker, sampai menambahkan amplifier, serta subwoofer agar suara makin menggelegar.

Namun pemilik dibayangi masalah garansi yang akan hilang saat melakukan modifikasi audio. Terutama jika ubahan yang dilakukan sampai mengganggu sistem elektrikal.

Baca juga: Ada Varian Diesel, Honda CR-V Facelift Dijual Mulai Rp 500 Jutaan

Head Unit mobil-mobil Eropa, complicated kalau mau diganti.Donny Apriliananda Head Unit mobil-mobil Eropa, complicated kalau mau diganti.

Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT Audioworkshop, mengatakan, penting bagi pemilik mobil untuk memperhatikan sistem kelistrikan dan garansi saat modifikasi audio.

Sebab gugur atau tidaknya garansi mobil amat bergantung dari instalasi kelistrikan yang dilakukan modifikator audio.

“Jadi analogi saya seperti memasang mini compo audio di mobil, dengan soket yang dicolok ke lighter mobil,” ucap Wahyu, dalam konferensi virtual (23/10/2020).

Baca juga: Intip Harga Isuzu Panther Bekas, Mulai Rp 30 Jutaan

Ilustrasi teknisi sedang merakit jalur kabel audio mobil.GridOto.com/Dipo Ilustrasi teknisi sedang merakit jalur kabel audio mobil.

Dalam penjelasannya, soket lighter merupakan alat bawaan mobil yang sudah terpasang. Sementara mini compo merupakan alat tambahan yang tidak memiliki kaitan dengan sistem elektrikal mobil.

Oleh karena itu, saat melakukan modifikasi audio sebaiknya instalatur membuat jalur kabel baru yang tidak mengubah kabel-kabel audio bawaan pabrik.

“Begitu juga saat instalasi audio mobil, pemasangan yang benar adalah membuat skema jalur kabel baru,” ujar Wahyu.

Baca juga: Deretan Merek Mobil yang Hengkang dari Indonesia

PT Audioworkshop jadi distributor resmi Alpine di Indonesia.audioworkshop PT Audioworkshop jadi distributor resmi Alpine di Indonesia.

Menurut Wahyu, cara paling aman dengan melepas speaker bawaan mobil dan menggantinya dengan speaker baru. Atau mengganti seluruh kabel output yang terkait dengan speaker tersebut.

Pasalnya jika instalatur audio sampai memotong jalur kabel, secara otomatis garansi pabrikan bakal hangus.

“Karena ada ubahan dari rangkaian kelistrikan bawaan yang bisa memicu risiko kerusakan,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X