Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2020, 16:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini sudah banyak motor yang dilengkapi dengan fitur Anti-Lock Braking System (ABS). Padahal dahulu biasanya hanya ditemukan di motor sport 250 cc ke atas. Tapi sekarang motor 150 cc seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX 150 sudah pakai ABS.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, fitur ABS pada motor memang memiliki peran yang cukup penting terutama jika ada kondisi darurat.

“Pengaruh ABS dan non ABS besar sekali, dan perlu diketahui pada motor non ABS jarak pengeremannya berbeda, sebab jarak pengereman ABS lebih pendek dalam situasi darurat,” ujar Jusri kepada Kompas.com.

Baca juga: Mandalika Racing Team akan Disponsori Lima BUMN

Jusri mengatakan, dengan fitur ABS pengendara motor sebetulnya diuntungkan karena jika terjadi pengereman mendadak motor lebih mudah dikendalikan. Ini sangat membantu saat ada situasi darurat.

Ilustrasi pengendara motorSHUTTERSTOCK Ilustrasi pengendara motor

“Intinya dengan ABS akan meringankan tugas-tugas pengendara. Pengemudi bisa melakukan perlambatan hingga pemberhentian lebih maksimal. Selain itu dia juga punya opsi untuk menghindar sambil mengerem, sedangkan di non ABS akan sulit sekali,” katanya.

Jusri menerangkan, pada motor non ABS pengendara tanpa sadar melakukan tugas secara bersamaan atau multitasking saat pengereman. Bagi yang tidak berbiasa hal itu akan sulit, apalagi jika roda terkunci.

Baca juga: Merek Audio Ini Kembali Sapa Konsumen Indonesia

Fungsi ABS yaitu untuk meminimalisasi terjadinya selip pada ban. Ketika sensor ABS membaca putaran ban ada yang mengunci, sistem akan melakukan pengereman dengan bertahap secara cepat sehingga ban tidak terkunci.

Global NCAP menyebut ABS pada motor berpotensi menyelamatkan ribuan orang setiap tahun. ABS jadi penting sebab Indonesia merupakan salah satu negara dengan penjualan motor baru terbanyak setiap tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com