Tak Banyak yang Tahu, Harley-Davidson Pernah Produksi Motor Kecil

Kompas.com - 20/10/2020, 18:01 WIB
Harley-Davidson Shortster 1973 Bikesrepublic.comHarley-Davidson Shortster 1973

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika bicara soal Harley-Davidson (HD), banyak orang akan berpikir tentang motor gede ( moge) dengan mesin V-Twin. Namun, sebenarnya pabrikan motor asal Amerika ini juga pernah produksi motor cc kecil.

Namun, motor-motor tersebut hanya menjadi bagian dari sejarah HD saja. Sebab, HD memilih untuk lebih fokus mengembangkan moge.

Baca juga: Paten Harley-Davidson 338R Buatan China Kembali Bocor

Berikut ini deretan motor HD yang memiliki kapasitas mesin kecil:

1. Harley-Davidson S-125 1948

Harley-Davidson S-125 1948Bikesrepublic.com Harley-Davidson S-125 1948

Tidak semua orang dapat membeli dan menggunakan motor bermesin Panhead. Untuk itu, HD memutuskan untuk membuat motor yang lebih bersahabat.

S-125 merupakan hasil kopi dari kotor 2-tak DKW RT125 tahun 1938. Motor tersebut tidak dikopi secara ilegal, desainnya diberikan ke Amerika sebagai bagian dari perbaikan perang Jerman.

Motor yang sama juga bisa dilihat dalam bentuk BSA Bantam di Inggris, Minsk di Rusia, dan Yamaha YA-1 di Jepang. Bahkan, motor tersebut juga banyak diproduksi di mana-mana, termasuk Polandia dan Italia.

2. Harley-Davidson Topper 1958

Harley-Davidson Topper 1958Bikesrepublic.com Harley-Davidson Topper 1958

Topper merupakan hasil rebadged dari DKW. Motor ini ditenagai mesin 2-tak berkapasitas 165 cc dengan pendingin udara.

Uniknya, cara starternya seperti mesin pemotong rumput, yakni dengan menarik tali. Meski demikian, motor ini bisa bertahan sampai 1965.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X