Alasan Pelat Nomor Kendaraan Listrik Berwarna Biru

Kompas.com - 19/10/2020, 12:41 WIB
Pelat nomor kendaraan listrik resmi diberikan warna biru. screenshot @gesitsPelat nomor kendaraan listrik resmi diberikan warna biru.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, akhirnya resmi memberlakukan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ( TNKB) atau pelat nomor khusus untuk kendaraan listrik dengan sentuhan warna biru di bagian bawah.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan ciri, sekaligus menjadi indentitas agar sepeda motor dan mobil listrik murni yang berbasis baterai mudah dikenali.

Pemilihan warna biru sebagai pelat nomor mobil dan motor listrik, bukan sekadar hanya menyesuaikan tema dan nuansanya saja, tapi ada maksud dan tujuannya.

Baca juga: Pelat Nomor Biru Bukan untuk Mobil Hybrid dan PHEV

"Kenapa Polri pilih warna biru, alasan utamanya karena menyesuaikan dengan program langit biru yang digerakan oleh pemerintah sebagai upaya menekan polusi udara," ucap Kepala Urusan (Kaur) Standarisasi STNK Subdit STNK Ditregident Korlantas Polri AKP Fajar Dwi Hanto kepada Kompas.com, Minggu (18/10/2020).

Pelat nomor kendaraan listrik akan diberikan warna biru pada ruang masa berlakuPolri Pelat nomor kendaraan listrik akan diberikan warna biru pada ruang masa berlaku

Sejalan dengan itu, Fajar menjelaskan bila TNKB tersebut juga hanya bisa didapat oleh pemilik kendaraan, baik motor dan mobil, yang murni listrik.

Utuk mobil hybrid, karena masih mengusung mesin konvensional sebagai penopang operasional yang juga masih berkontribusi pada gas buang, maka pelatnya pun masih sama dengan kendaraan biasa.

Baca juga: Sah, Pelat Nomor Kendaraan Listik Ada Tanda Khusus Kelir Biru

Menurut Fajar, pemberian warna biru juga ditujukan agar memudahkan instansi lain, seperti polisi guna mengenali motor dan mobil listrik saat dikendarai di jalan raya.

"Dengan warna biru petugas akan mudah mengenali, contoh saat ganjil genap, kan mobil listrik diizinkan beroperasi baik pada tanggal genap atau ganjil, lalu parkir, dan sebagainya," ujar Fajar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X