Selama PSBB Transisi Jakarta, Mobil Wajib Disemprot Disinfektan

Kompas.com - 12/10/2020, 10:41 WIB
Merawat kabin mobil Stanly/OtomaniaMerawat kabin mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan kelonggaran terhadap aktivitas masyarakat selama Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) transisi.

Meski begitu, tetap memberikan sejumlah aturan yang wajib dipatuhi oleh masyarakat selama beraktivitas terutama di luar ruangan.

Termasuk di antaranya adalah kebiasaan baru bagi pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat.

Bagi pemilik mobil, Pemprov mewajibkan agar selalu mensterilkannya sesudah digunakan menggunakan disinfektan.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

Tetapi, untuk melakukan disinfeksi kendaraan roda empat ini sebaiknya pada bagian-bagian tertentu saja dan tidak keseluruhan bagian.

Hal ini agar penyemprotan cairan pencegah mikroorganisme bisa lebih maksimal guna mencegah penyebaran virus Corona di dalam mobil.

Salah seorang dokter yang bertugas di Palang Merah Indonesia ( PMI) cabang Kota Surakarta, dr Arina Hidayati, menyarankan penyemprotan disinfektan sebaiknya dilakukan pada bagian yang sering disentuh oleh tangan.

Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteriSHUTTERSTOCK Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteri

Mengingat, benda-benda atau bagian yang sering bersentuhan dengan tangan lebih berpotensi menjadi media penyebaran Covid-19.

“Semprot pada bagian-bagian yang sering bersentuhan dengan tangan. Seperti handle pintu, setir, tuas persneling, tuas hand brake, serta bagian lain yang sering dipegang,” ujar Arina kepada Kompas.com, Minggu (11/10/2020).

Arina juga menyarankan, pemilik kendaraan memilih bahan disinfektan yang aman untuk bagian-bagian yang akan disemprot.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Alur Urus STNK Hilang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X