Pertama Naik Podium Jadi Pembuktian Alex Marquez di MotoGP 2020

Kompas.com - 11/10/2020, 19:21 WIB
Aksi pebalap Repsol Honda, Alex Marquez, pada sesi kualifikasi MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano pada 19 September 2020. AFP/ANDREAS SOLAROAksi pebalap Repsol Honda, Alex Marquez, pada sesi kualifikasi MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano pada 19 September 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran MotoGP Perancis di sirkuit Le Mans baru saja berakhir dan dimenangkan oleh Danillo Petrucci, kemudian di posisi kedua ada Alex Marquez dan ketiga diisi Pol Espargaro.

Peringkat kedua di GP Perancis ini merupakan podium yang pertama buat pebalap rookie Repsol Honda, Alex Marquez. Ini sekaligus menjadi pembuktian bahwa Honda belum habis meski sempat terpuruk di awal musim.

Alex Marquez harus menanggung beban berat setelah sang kakak, Marc Marquez mengalami cedera di awal musim. Namun, Alex malah belum bisa memberikan banyak poin di musim ini.

Baca juga: Hasil MotoGP Perancis 2020, Petrucci Juara, Marquez Menggila

Sebelum seri GP Perancis, capaian terbaik Alex Marquez hanya finish di posisi ketujuh pada GP Emilia Romagna dan posisi kedelapan pada GP Andalusia.

Sampai akhirya di Le Mans, Alex Marquez mampu naik podium kedua. Bahkan hebatnya Alex memulai balapan dari posisi ke-18. Secara perlahan Alex Marquez merangkak menuju posisi 10 besar.

Selain itu, balapan di sirkuit Le Mans ini berlangsung dalam keadaan basah. Hal ini menjadikan balapan dipenuhi oleh beberapa pebalap yang terjatuh.

Baca juga: Tim MotoGP Indonesia Disiapkan Turun di Kelas Moto2 dan Moto3

 

Selain terjatuh, naiknya posisi Alex Marquez juga disebabkan oleh jatuhnya Cal Crutchlow. Namun Alex juga menunjukkan kemampuannya dengan beberapa kali mencatatkan lap tercepat.

Di saat empat pebalap terdepan, Danillo Petrucci, Andrea Dovizioso, Jack Miller, dan Alex Rins memperebutkan podium, Alex Marquez terus memperdekat jaraknya.

Namun petaka terjadi pada Jack Miller, pebalap asal Australia itu mengalami masalah pada motornya sehingga tidak bisa melanjutkan balapan. Tidak lama dari itu, Alex Rins yang berada di posisi kedua harus terjatuh.

Posisi pun berubah, Petrucci tetap memimpin balapan, Dovizioso di posisi kedua dan Alex Marquez ketiga. Sisa balapan 6 lap, persaingan ketat terjadi antara Dovizioso dan Alex Marquez memperebutkan posisi kedua.

Sisa tiga lap, Alex Marquez berhasil menyusul Dovizioso dan berada di posisi kedua. Berhasil finis di posisi kedua membuktikan Alex Marquez juga bisa menang balapan, apalagi di trek yang basah.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X