Pilih Ukuran Sarung Tangan yang Tepat Untuk Biker Jangan Asal!

Kompas.com - 10/10/2020, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarung tangan memiliki banyak kegunaan saat berkendara sepeda motor. Selain melindungi tangan dari sengatan sinar matahari, perlengkapan ini bisa melindungi tangan dari luka akibat gesekan atau benturan kerena kecelakaan.

Tidak hanya itu, sarung tangan juga dapat meredam guncangan serta menambah kualitas pengendalian motor.

Kendati demikian, terkadang ada beberapa masyarakat yang mengalami kesulitan untuk mencari ukuran sarung tangan, karena pada dasarnya telapak tangan manusia itu berbeda-beda satu dengan yang lain.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Perancis 2020, Banyak yang Jatuh, Jack Miller Tercepat

Pemilik toko helm premium dan apparel RC Motogarage Reyner Alexander, mencoba memberikan sedikit tipsnya.

chart size sarung tangan untuk bikerReyner-RC Motogarage chart size sarung tangan untuk biker
“Untuk memilih sarung tangan yang sesuai, sebaiknya diukur dulu dengan cara ukur jari kita yang paling panjang (jari tengah) sampai ke pergelangan tangan berapa cm, pastikan juga kondisi telapak tangan dilebarkan,” ujar Reyner saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/10/2020).

Setelah diukur, selanjutnya konsumen memilih sarung tangan sesuai dengan chart yang sudah ada.

Baca juga: Harga Ban Mobil LMPV di Oktober 2020 Mulai Rp 500.000-an

“Kemudian pastikan juga selaput antara jempol dan telunjuk menempel pada sarung tangan, tandanya sudah pas,” tutur Reyner.

Namun Reyner mengatakan, sebetulnya untuk mendapatkan sarung tangan yang ukurannya benar-benar proporsional sesuai dengan ukuran tangan agak sulit. Sebab, biasa pabrikan sudah membuat sarung tangan berdasarkan bentuk tangan yang ideal.

“Jadi, kalau ada kelebihan sedikit di kelingking, jari manis, atau jempol itu wajar. Yang terpenting jangan sampai kekecilan, karena efeknya bisa sakit ditangan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.