Honda Mundur dari Balapan Formula 1, Fokus Mobil Listrik

Kompas.com - 07/10/2020, 17:31 WIB
Logo Honda dok.reutersLogo Honda
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda mengumumkan akan mengakhiri keikutsertaannya dalam kejuaraan dunia FIA Formula One ( F1) World Championship pada akhir musim 2021.

Keputusan ini diambil seiring dengan bergesernya fokusan pabrikan untuk mengembangkan proyek kendaraan ramah lingkungan sebagai upaya mengurangi polusi karbon hingga 2050 mendatang.

"Untuk merealisasikan netralitas karbon di masa depan, Honda akan membuat perubahan besar dalam menghadapi tantangan yang ada dan memusatkan sumber daya perusahaan pada riset dan pengembangan teknologinya," kata CEO Honda Motor Takahiro Hachigo dalam keterangan resmi, Senin (5/10/2020).

Baca juga: Menerobos Rambu di Perlintasan KA, Mengintai Ancaman Jiwa dan Denda

Formula 1 Bahrain 2020 akan berjalan tanpa penonton. (Photo by Andrej ISAKOVIC / AFP)ANDREJ ISAKOVIC Formula 1 Bahrain 2020 akan berjalan tanpa penonton. (Photo by Andrej ISAKOVIC / AFP)

"Sebagai bagian dari perubahan ini, kami memutuskan untuk mengalokasikan manajemen energi dan teknologi bahan bakar serta sumber daya manusia yang ada di aktivitas F1 ke bidang riset dan pengembangan teknologi energi dan unit tenaga mutakhir," tambahnya.

Kemudian, Honda juga membuat keputusan untuk mempercepat inisiatif tersebut dengan target mewujudkan dua per tiga dari seluruh penjualan unit mobil globalnya pada 2030 terdiri dari mobil listrik.

Honda sendiri diketahui memulai kontribusinya untuk F1 sejak 1964, sebagai tim balap, constructor, dan penyuplai mesin. Namun perusahaan asal Jepang ini berulang kali pergi dan kembali.

Honda terakhir kembali sebagai pemasok mesin kepada beberapa tim pada 2015. Pada musim 2020, Honda memasok mesin RA620H, 1.600 cc, V6 hybrid untuk dua tim sekaligus, yaitu Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri.

Baca juga: Batal Cerai, Repsol dan Honda Perpanjang Kontrak

Bersama kedua tim tersebut, sejauh ini Honda mampu meraih 20 podium dan lima kemenangan.

"Di ajang F1, Honda telah sukses mencapai tujuan kami untuk meraih kemenangan. Sekarang, kami akan menyalurkan kekuatan kami untuk mencapai inovasi di bidang baru dalam menciptakan unit tenaga dan energi bebas karbon serta mewujudkan pengimbangan karbon," ujar Takahiro.

"Guna memenuhi ekspektasi para penggemarnya, Honda akan tetap bekerja sama dengan Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri untuk terus bersaing meraih lebih banyak kemenangan hingga akhir musim 2021," tutup dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X