Ini Penyebab Mobil Terbakar Saat Dalam Kondisi Diam atau Parkir

Kompas.com - 07/10/2020, 14:01 WIB
Mini Cooper terbakar saat sedang berada di rumah @humasjakfireMini Cooper terbakar saat sedang berada di rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, terjadi insiden rumah terbakar di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Penyebab kebakaran bermula dari mobil yang berada di garasi.

Hal ini membuktikan bahwa kebakaran mobil bisa saja terjadi di mana saja. Tidak hanya ketika mobil sedang dikendarai.

Baca juga: Simak, Ini Penyebab Mobil Terbakar Saat Mengisi BBM

Penyebab kebakaran ada dua, bisa karena terjadi hubungan arus pendek atau korsleting listrik, atau human error alias faktor kelalaian dari pemilik mobil.

Mini Cooper terbakar saat sedang berada di rumah@humasjakfire Mini Cooper terbakar saat sedang berada di rumah

Service Director PT Suzuki Indomobil Sales Riecky Patrayudha, mengatakan, ada beberapa potensi-potensi yang bisa membuat mobil terbakar dan wajib untuk diperhatikan pengendara atau pemilik kendaraan

Salah satunya adalah barang yang tertinggal di ruang mesin. Saat melakukan perawatan atau pembersihan dengan kain lap atau material lain, bisa saja benda tersebut tertinggal karena lupa.

"Hal ini berbahaya karena berpotensi menimbulkan kebakaran. Untuk itu, selalu cek kembali ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin," ujar Riecky, dalam keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Langkah Benar Menyelamatkan Diri Saat Mobil Terbakar

Selain itu, posisi mobil diparkir juga bisa menjadi penyebabnya. Jika mobil diparkir dekat dengan bahan yang mudah terbakar

Apabila benda-benda seperti ranting, sampah kertas, dan plastik menempel ke knalpot, kendaraan dapat berpotensi terbakar tiba-tiba saat mesin dalam kondisi hidup.

Beberapa kali juga terjadi kasus powerbank yang tertinggal di dalam mobil meledak dan mengakibatkan kebakaran. Untuk itu, hindari mengisi daya powerbank melalui soket mobil jika mobil akan ditinggalkan dalam waktu yang lama.

Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tibatrofire.com Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tiba

"Pengisian daya powerbank yang masih terpasang di soket, dapat menyebabkan korsleting pada baterai dan berpotensi meledak," kata Riecky.

Terakhir, khusus untuk para pemilik mobil yang juga perokok. Tanpa disadari, terkadang kita membawa korek api gas dan menyimpannya di dalam kendaraan seperti di dasbor atau laci.

Menurut Riecky, apabila terjadi guncangan atau suhu di dalam kendaraan panas, ada potensi korek api untuk mudah meledak.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X