PO Bus AKAP Ini Punya Standar Seperti Pesawat, Ada Pramugari Juga

Kompas.com - 02/10/2020, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus antar kota antar provinsi (AKAP) di Indonesia terus bersaing memberikan pelayanan yang maksimal. Salah satunya yaitu ketika ingin memulai perjalanan, ada pengumuman layaknya di kabin pesawat.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, untuk saat ini ada tiga perusahaan otobus (PO) yang melakukan pengumuman sebelum berjalannya bus.

“Tiga PO ini adalah PO Rosalia Indah, PO Muji Jaya, dan PO Mtrans. Dulu PO Wisata Komodi ada juga pengumuman seperti itu, tapi sekarang enggak tahu,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Baca juga: Ini 3 Motor 2-Tak yang Paling Banyak Direstorasi

 

Untuk PO Rosalia Indah, pengumuman ini biasa langsung diucapkan oleh kru atau kalau di PO Rosalia Indah disebut pramugari atau pramugara. Jadi pramugari menggunakan mikrofon dan dilakukan saat penumpang bus sudah penuh.

Kalau untuk PO Muji Jaya, pengumumannya menggunakan rekaman suara wanita. Begitu juga yang ada di armada PO Mtrans. Namun pada armada Mtrans, terutama Sultan Class dibantu visual melalui video di TV nya.

Pengumuman yang diucapkan meliputi armada dan kelas yang sedang dinaiki, kota tujuan, waktu tempuh, dan fasilitas yang diberikan. Selain itu dijelaskan pula mengenai penggunaan toilet yang hanya bisa untuk buang air kecil dan saat bus berjalan.

Baca juga: Segera Meluncur, Ini Beda Fortuner Facelift dengan Model Lama

Selain itu ada juga himbauan untuk menjaga kebersihan dan barang bawaan. Selanjutnya juga ada yang memberitahu di mana bus akan berhenti untuk melakukan isitrahat dan servis makan untuk penumpang.

Armada Mtrans juga menyertakan daftar aturan yang disimpan di saku belakang kursi penumpang untuk dibaca. Dengan adanya pengumuman seperti ini, ketika naik bus jadi lebih terasa eksekutif layaknya naik pesawat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.