Order Mobil Ambulans Meningkat Tajam Sejak Ada Corona

Kompas.com - 02/10/2020, 16:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Meningkatnya jumlah penderita Covid-19 di Indonesia tentu bikin resah masyarakat dan industri otomotif. Dampaknya cukup banyak warga yang harus kehilangan pekerjaan, sampai bikin penjualan kendaraan menurun.

Namun tingginya kasus positif corona di lain sisi membuat permintaan mobil komersial untuk dijadikan armada ambulans meningkat.

Attias Asril, General Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia, mengatakan, beberapa model seperti Elf dan MU-X banyak diminati sebagai ambulans.

Baca juga: Segera Meluncur, Ini Beda Fortuner Facelift dengan Model Lama

Industri Otomotif Garap Peluang di Sektor Kesehatan, 11 Unit Ambulans Isuzu MU-X Mulai Layani Sulut
Doc Isuzu Industri Otomotif Garap Peluang di Sektor Kesehatan, 11 Unit Ambulans Isuzu MU-X Mulai Layani Sulut

Menurut Attias, permintaan ambulans pada saat ini begitu besar. Bahkan pasar menuntut stok ambulans harus tersedia.

“Rasanya hampir semua kendaraan kita, mulai pikap sampai truk, kemudian MU-X merupakan potensi untuk ambulans dan pelayanan kesehatan. Hari ini sumbangan cukup besar bagi penjualan Isuzu keseluruhan,” ujar Attias, dalam konferensi virtual (1/10/2020).

Tidak hanya Isuzu, Toyota juga merasakan fenomena peningkatan permintaan ambulans selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Rayakan 50 Tahun, Suzuki Siap Luncurkan LCGC Edisi Terbatas

Modifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19Motor1.com Modifikasi Toyota HiAce jadi kendaraan medis Covid-19

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, permintaan kendaraan komersial seperti Hiace bisa meningkat.

Menurut Anton, rata-rata penjualan Hiace tiap bulannya hanya sekitar 300 unit. Namun belakangan bisa meningkat tiga kali lipat.

“Hiace penerimaan cukup baik, bahkan di bulan ini kita dapat order kira-kira 800 unit sampai kemarin, 790-an unit. Sebagian datangnya dari kebutuhan rumah sakit seperti ambulans,” kata Anton belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.